Klapertart

Menurut sobatku, kalo kita jalan-jalan ke Bandung dah gak jaman lagi beli oleh-oleh brownies baik yang panggang maupun kukus, ato bagelen aneka rasa. Tapi sekarang dah jamannya klapertart. Setauku makanan ini sih khas Manado ya, tapi kayaknya di Bandung mang dah banyak dijual tuh,  di beberapa mall di Jakarta juga dah banyak ditemui.

So, di pertengahan bulan puasa lalu, aku dan sobatku ngabur ke Bandung. Beduaan aja, rencananya banyak banget. Mo wisata kuliner di semua tempat. Mo cobain batagor yang ngetop, makan di resto yang sambelnya ada berapa belas macem gitu, dll…dll…

Tapi apa yang terjadi, Sobat? Gak satupun tempat itu kami kunjungi! Yang ada bukan wisata kuliner tapi wisata belanja! Kami keluar masuk dari FO satu ke FO lain. Mulai dari yang ngetop ampek yang mblusuk-mblusuk gak jelas. Dan untuk makan siang kita cukup menikmati Mc. Donald! Itu pun makan di mobil, so aku makan sambil nyetir secara sobatku gak isa nyetir. Wis, gak nikmat babar blaz. Jauh-jauh kok ya makan Mc. D! Soalnya kita gak mo kehilangan waktu sedetik pun untuk window shopping. Dasar emak-emak! Tapi lumayan, dengan waktu yang singkat kami bisa menjelajahi Rumah Mode, Paris van Java, lalu FO sepanjang jalan Juanda. So tiap berapa meter parkir lagi. Niat banget ya? Penjelajahan kami lanjutkan ke Cihampelas tapi ternyata mengecewakan. Rupanya dah gak seasyik dulu ya, barang yang dipajang dah berdebu dan agak kumal. So kita balik lagi ke Juanda trus The Secret, Herritage, trus ke sebrangnya lupa namanya. Nah, disitulah aku menemukan klapertart itu. Oya Sobat, begitu banyak FO kita kunjungi tapi cuma berapa potong baju yang kubeli…..gubraakkk!!!! (Alasan diplomatisnya sih gak ada yang sreg, kalo alasan sebenernya THR lom turun ha…ha…ha…).

Klapertart Evita. Langsung cobain makan di tempat. Hmm, ternyata enak juga. Mungkin ada yang lebih enak daripada Si Evita ini. Tapi ‘coz memburu waktu kami cobain yang ini. Tapi mang enak kok. Slice kelapa mudanya sungguh nikmat. Aku cobain yang original. ‘Coz kayaknya kalo ternoda rasa-rasa yang lain agak malez gitu. Tapi di lain kesempatan aku cobain yang basah dan rasa coklat, terbukti kan, eneg walo cuman dua-tiga suapan.

Setauku klapertart mang makanan yang sarat dengan lemak dan tentu menggemukkan. Lihat saja rasanya yang begitu pekat dengan terigu, susu, mentega ampek little bit berminyak, tapi kelapa mudanya wow…. uenak tenan. Sebetulnya aku ada fotonya tapi ntah dimana gak ketemu. Ntar kalo ketemu pasti kupajang.

Begitulah, ternyata Papaku senang banget pas cobain. Nyesel deh bawa cuma satu loyang hu…hu… Ntar Pah, kalo Om Dewo ke Bandung minta beliin he…he…he…secara doi pasti suka banget makanan yang mbleketek begitu. Tapi bahaya juga kalo kebanyakan ‘coz mengemukkaaan……

(Masih ngubek-ubek nyari gambarnya disimpen di file apa ya?)

Update: Horreee….. gambarnya dah ketemu neeehhh….. :D

   

11 pemikiran pada “Klapertart

  1. Iya nih, pengen nyicipi klapertart juga. Saat ini diriku sedang di Bandung, tapi ga tahu sempat atau tidak belinya. Hiks…

    Whuiii, enak lho. Pokoke mbleketek, kamu pasti suka. Outletnya nemplok di FO kok. Di Juanda sebrang Blossom ada. Ada yang basah ada yg kering, kalo yang basah enek banget, tapi nek yang kering uenak lhooo…..

    (he…he…makin penasaran tuuuh…)

  2. Kuwe mbleketheq inih bukan khas manado, mpok…
    Tapi dari Belanda.
    Doloo pacarku anak Belanda, Megellink namanya seneng banget tak bawain Klapertart inih buwatan dari Purworejo….

    Tul, Om! Cuman karna banyak Londo di Manado dan orang Manado kelondo-londoan jadinya lebih ngetop da sana kali ya?

  3. apaan tuh yg bwtn purworejo *ngelirik komen syech mbel :D*

    walah, sy yg tinggal d bandung aja blm pnh nyobain klapertart, kpn2 nyoba deh

    Mungkin mangsudnya Si Om Syech adalah getuk :D

    Cobain deh, enak kok…

  4. Klapertaart yang enak itu yang dari Manado jo …

    so yummy

    Choco:

    Wuih, pokoke linaklijo kalo makan ini :D Gak harus dari Manado jo, yang penting orang Manado yang bikin :D

  5. Ehem…aku nie blasteran Flores-Manado
    mamaku yang Manado itu pinter banget bikin klapertart…enak banget…
    dan pasti tampilan klapertart2 yang di Manado lebih menarik dari gambar yang di atas (sombong…hehehehe)…
    beneran kok…. ^_^
    soalnya di atasnya tuh dipake wippie cream ma putih telor….terus ada juga yang suka dipake ceri di atas…hmm..pokoknya kalo yang bikin orang Manad itu abru asli..hehehe
    dan emang..makanan ini asalnya dari Belanda…
    dulu kan Manado tuh provinsi ke-12 Belanda…jadi banyak yang diadopsi dari Belanda…
    seperti ya klappertaart ini…

    yooooooo beli klappertaart Manado…eheheh

  6. bahasanya rame “mbeketak mbleketek, trus berlanjut mbelgedes dong mbak, mbak ini kalau cerita seru. sampai ketawa sendiri, dari tadi temenku, kenapa sih kok ketawa sendiri, aku bilang lagi baca blognya orang kok lucu banget

    Choco:

    Wong Jowo emang suka lebay bahasane, Jeng. Biar tambah seru aja hehehe….. itu baru mbleketek, kadang-kadang pake mleketrek juga hahahaha…..

  7. Hmm yumi. Saudaraku pintar sekali bikin klapertaart dan rasanya luar biasaaaa. Kemarin dia bikin 2 loyang besar dan kecil2. Lain kali sy suruh dia bikin dan jamu mbak choco dgn klapertaart ini. Dijamin ngga bisa brenti makannya hi..hii. Saya aja makannya dah kayak orang ngga pernah makan hi..hi sangking enaknya.

    Btw temaku bilang rumah mode Riau saat ini yg paling bagus, coba kesana deh. Sy jg ngga sepat kesana.

    Sukses!

    Choco:

    Aduuuhh, pasti enak banget itu (ngelap yg netes-netes nih). Serius Mbak Citra, aku tunggu “lain kali” nya :D

    Owh, Rumah Riau? Siip, pasti aku coba ke sana. Thanks infonya :D

  8. asik yaaa jalan-jalan ke bandung…dah makin banyak kulinernya.. kapaan yaaa balik lagi ke kota itu… selalu ingin kesana tapi belom kesampean juga. udah sekitar 2 tahun.

    Choco:

    Wah sudah lama juga yaa…. Buruan ke sana, Jeng… yang pasti makin macet aja di sana :D

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s