Untuk 17 th ke Atas

Waktu ku kecil hidupku amatlah senang, senang dipangku-dipangku dimanjanya jarang sekali nonton bioskop. Karena kata Ibunda film di bioskop itu kebanyakan film dewasa, untuk 17 th ke atas! Maka tertanamlah di benakku bahwa dewasa adalah ketika kita sudah berumur 17 th. Sudah boleh nonton film apa aja (meski tetep gak boleh ma Ibunda), boleh lihat adegan kissing (tetep aja mata ditutup) dan tentu saja sudah boleh pacaran (asal gak ketahuan evilgrin0039 Free Emoticons   Evil ).

Sekarang, setelah aku menjadi emak-emak, kok mendadak pikiranku berubah ya. Menurutku dewasa itu tidak dimulai di umur 17 th (gak ngomongin soal akil balik lho ya), melainkan di usia 21 th! Mengapa? Bayangkan saja Kawan, usia 17 itu kan masih sekolah, kelas 2 atau 3 SMU. Lagi seneng-senengnya bereksperimen, mengeksplor segala sesuatu yang menurutnya berbau “dewasa”. Juga masih mudah galau, risau, senang kwetiau dan bakpau. Ah, pokoknya masih butuh bimbingan deh! Sedangkan dewasa menurutku adalah sudah bisa mengambil keputusan sendiri, bertanggungjawab terhadap keputusan dan perbuatannya, matang, stabil, tak mudah galau dan risau.

Dewasa juga tak diukur dari ketidaktergantungan secara materi terhadap ortu. Lihatlah sekarang banyak artis usia 8 th sudah berpenghasilan sendiri. Bolehkah mereka disebut dewasa? Nope! Kalo gak salah, di Amerika sana, seseorang sudah lepas dari perwalian ketika telah menginjak usia 21 th. Nek gak salah lho yaa :mrgreen: Yang menurutku berarti di usia itulah mereka telah dianggap dewasa secara administratif (halah, opo meneh!).

Menurutku usia 17 th adalah usia pra dewasa, di mana anak sudah mulai dilatih untuk menjadi dan bersikap dewasa. Namun tetap dalam arahan ortu. Nanti ketika sudah berusia 21 th, ortu sudah tak banyak berperan lagi dalam menentukan kehidupan mereka. Tetap memberi saran dan bimbingan sebagai ortu, namun keputusan sudah ada di tangan mereka sendiri :D Ouuhhh, sungguh mengerikan ya membayangkan anak-anak kita tak lagi meminta saran dan pendapat kita sad0144 Free Sad Emoticons

So Kawan, menurutmu di usia berapakah seorang anak boleh dianggap “dewasa”?

Artikel ini ada kaitannya dengan cerbung yang sedang dibuat evilgrin0039 Free Emoticons   Evil

Artikel ini juga dibuat karena prihatin dengan anak-anak baru gede yang sudah (merasa) dewasa tanpa tahu arti dewasa yang sesungguhnya  :cry:

About these ads

10 thoughts on “Untuk 17 th ke Atas

  1. 21? waaah, berarti aku belum dewasa dong mbakk..
    eh mbak choco, ada email cinta dariku.. nanti dicek yaa :D

    Eaalaa, kau masih cilik to, Nduk? :D
    Surat cinta sudah diterima dan langsung termehek-mehek :P

  2. Tua itu pasti, dewasa itu pilihan mbak :)
    Gak ada batasan usia sih kalo ngomongin dewasa secara kepribadian tapi kalo dewasa fisik, menurutku 17 udah pas sih :D

    Hahahaha untunglah aku tua dan dewasa :P
    Secara fisik emang usia segitu lagi mengkel-mengkelnya ya, Sis :mrgreen:

  3. pertanyaan yg gampang, jawabnya yg susah. AFAIK, 21 tahun adalah usia cakap hukum. ini terkait dengan hak waris.

    keknya term dewasa jg punya bbrp baseline *halah apa lagi ini*. dewasa secara fisik, terkait akil baligh. dewasa secara materi, terkait dg kemandirian dan income. dewasa secara mental dan pikir, terkait pengalaman hidup.

    diriku lewat 40 thn, dan merasa msh belum dewasa dlm bbrp hal.

    Katanya kalo laki-laki emang banyak gak dewasanya, Om. Katanya lhoooo :P

  4. Kalau di Jepang dewasa pada usia 20 th, dan dirayakan oleh negara setiap Senin minggu ke2 Januari :)

    Nah, 20 th pas untuk menjadi dewasa ya :D
    Wah, di Jepang kayaknya banyak perayaan ya, BuEm :D

  5. dewasa tidak melihat umur deh kayaknya mbak
    ada yang umurnya udah uzur tapi tingkah dan pola pikirnya tetep aja kayak anak2 :D
    mungkin tidak banyak sih yang seperti ini, tapi ada.
    ada yang baru 10tahun tapi dewasanya minta ampun.
    ah riweh lah sama anak sekarang mah :D

    Iya JengNi, akupun masih sering gak dewasa siy :P Eh, gak ding…dewasa kok hahahaha….

  6. Dulu waktu aku masuk 17 tahun rasanya memang sudah gede, tapi setelah itu terasa biasa saja.
    Dan justru setelah mulai usia 20 an baru deh bisa bilang bahwa saya sudah bukan remaja lagi. Sudah masuk hitungan dewasa. Saat usia 25 ke atas, baru bisa bilang sudah mulai matang (macam buah aja ya, matang hahahaa…)…. Dan usia 30-an baru merasa : I’m a women. :)

    Bagi perempuan, usia 30 an memang sedang matang2nya, hangat dan mempesona ihik…. :oops:

  7. Umur berapa udah dianggap dewasa mungkin tergantung dari sudut pandang mana kita melihatnya, tapi menurutku kedewasaan seseorang itu banyak faktor yang mempengaruhi, terutama adalah faktor keluarga dan lingkungan. selama seseorang itu telah tahu mana yang benar atau salah, sadar serta bisa bertanggung jawab atas segala sesuatu yang telah diperbuat, maka saya anggap dia telah dewasa . CMIIW :)

    Secara fisik, usia 17 memang sudah matang, sudah bisa berreproduksi :P Tapi secara mental belum tentu yaaa :D
    Sipp, setuju…. :)

  8. beranjak dewasa ,mungkin itu yg tepat utk usia 17thn ya Mbak Choco :)
    ( sibunda suka sok tau nih ….xixixi…) :P

    dan, kedewasaan seseorang tak dpt diliat dr usia , apalagi bila menyangkut komitmen dan tanggung jawab……
    so, kedewasaan itu mungkin akan berkembang seiring pengalaman hidup ….
    salam

    Aih, Bundoo, jawabannya selalu tepat!Semestinya semakin banyak pengalaman semakin dewasa ya, Bun :D

  9. 17 tahun sepertinya masih setengah dewasa ya bu Cho, dalam arti sudah punya keinginan dan kemampuan sendiri (walopun masih terbatas), tapi tetap belom bs memilih dan memutuskan tanpa pertimbangan orang-orang dewasa di sekitarnya. eh, itu mah aku sih dulu hihihihi..

    Hehehehehe….sama Orin, lebih tepatnya dulu aku merasa sudah dewasa padahal apa-apa masih nanya ortu hahahahaha…..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s