Ulangan Bahasa Sunda

Dah dua minggu ini aku dibuat pusing gara-gara Guanteng ulangan semester I. Tiap hari aku mesti terbirit-birit pulang ‘coz mesti ngajarin Guanteng. Pernah suatu kali aku kena macet sampe 1 jam di Narogong akhirnya muter balik lewat Kemang. Begitu sampai rumah langsung belajar matematika. Duh, stress. Guanteng yang gak pernah serius belajar itu salah terus menerjemahkan "1 tahun 6 bulan = ….. bulan". Aku ampe nangis akhirnya Guanteng juga ikut berlinang-linang. Hu…hu….

Itu belum seberapa. Pelajaran Bahasa Mandarin membuatku mendadak buta huruf! Untungnya Guanteng lumayan bisa walopun pengucapannya sering salah. Trus pelajaran komputer. Guanteng harus menghafalkan apa itu internet, lalu apa itu soft ware en hard ware, lalu program untuk menggambar menggunakan apa. Kawan, Guanteng itu baru kelas 1 SD! Layak tidak pertanyaan seperti itu diberikan?? Oh, kekasihku yang orang IT aja sampe geleng-geleng kepala dibuatnya. Bayangkan, betapa susahnya memberi pengertian apa itu internet dengan bahasa yang bisa dimengerti anak kelas 1. Ketika kutanya apa guna komputer, Guanteng menjawab "untuk main game". Kubenarkan saja. Kalo sampe nanti disalahkan, akan kuhadapi gurunya!

Puncak dari segalanya adalah tadi malam. Pelajaran Bahasa Sunda! Oh, aku tidak mendadak buta huruf seperti pelajaran Mandarin tapi mendadak bisu. Aku harus belajar dulu dari Bab I sampe Bab IV baru bisa ngajarin Guanteng. Tapi ketika mulai latihan soal aku jadi bingung. Soal pilihan bisalah menggunakan ilmu "kiranologi" ato membalik-balik bacaannya. Tapi begitu soal isian? Hu…hu… gak ngerti!! Kalo gak bisa Mandarin aku gak panik tapi kalo gak bisa Sunda aku panik, ‘coz yang ini buat nilai raport!

Nanya kekasihku jelas gak mudeng wong dia "galur murni"  (jagung kalee)Minang, aku sendiri galur murni Jawa. Mbak-mbaknya juga Jawa tulen. Masa mo nanya tetangga? Akhirnya aku menyerah, kupasrahkan saja ulangan hari ini pada Guanteng. Waktu ulangan pra semester nilai bahasa Sundanya dapat 70. Mudah-mudahan kali ini dapat 90, ya. Maafkan Bunda Nak, ternyata gak selamanya Bunda bisa mengajarimu. Tiga hal pelajaran yang aku gak bisa ajarin Guanteng: Mandarin, Sunda, dan tulisan Arab (agama)  he…he…

Sebetulnya pentingkah pelajaran Bahasa Sunda itu? Maksudku tentu penting mempelajari bahasa daerah tapi pentingkah untuk nilai raport? Bayangkan jika nilai lainnya bagus lalu rata-ratanya turun hanya karena nilai bahasa Sunda jelek?

Eh, tapi kalo Guanteng  sekolah di Jawa tentunya nilai bahasa Jawanya juga masuk raport ya? Yah, trima sajalah wong tinggal di JaBar ya harus bisa bahasanya 😀

Iklan

8 thoughts on “Ulangan Bahasa Sunda

  1. Dinot Desember 15, 2008 / 3:47 pm

    tenang bu, liburan sekolah udah tinggal menghitung jari kok .. (tapi jari tangan plus jari kaki semua hehehe)

    Tambah jari tangan tetangga 😦

  2. nh18 Januari 13, 2009 / 4:04 pm

    Saya tersenyum membaca ini …

    Narogong … Kemang … (ini kan Jakarta ?)
    Tapi belajar bahasa Sunda … (?)
    Aahhhaa … berarti sekolahnya di wilayah Propinsi Banten …
    Jakarta Selatan coret banget …

    hehehe …
    Maap ibu … sayasoktausangat.com

    Wah, ini Narogong dan Kemang Pratama yang di Bekasi. Kebetulan Guanteng sekolahnya tidak jauh dari rumah, di perbatasan Bekasi dan Bogor, so masih dapat pelajaran Bahasa Sunda.

    Yaaah, bukan Jakarta coret tapi Jakarta kemringet.

  3. nh18 Januari 15, 2009 / 4:35 pm

    Maap numpang komen lagi …
    Jakarta Kemringet …??? huahahaha …
    (hah aku kenapa jadi cengengesan terus sih …)
    (di kantor pula … )(noleh-noleh kiri kanan … takut ada yang liat) …

    kemringet ..??? hhahahha … (tetap tertawa …)

    Hush, nyebut Pak, nyebuuut…. 😀

  4. nh18 Januari 16, 2009 / 5:53 pm

    Buuuttt … bbuuuttt …

  5. Andy Gumilang November 5, 2009 / 4:11 pm

    Rata-rata guru kelas merasa kebingungan untuk sumber pegangan mengajar karena stok buku pelajaran Bahasa Sunda serta paket buku murid masih dirasakan kurang.

    Choco:

    Sekarang bagus kok bukunya. Di hal sebelah kiri cerita/soal dalam Sunda lalu halaman kanan dalam bahasa Indonesa. Tapi tetep ajaaa susaaaah 😀

  6. Andy SAG ( Andy Gumilang) Maret 3, 2012 / 3:14 pm

    kintun naskah ulangan basa sunda kelas 6 kanggo bahan ujian sekolah

    Kintun tuh apa ya, Mas? :mrgreen:
    Artinya kirim ya?

    • Andy SAG Mei 16, 2012 / 6:21 am

      Bagaimana kabarnya ? Kintun artinya kirim, kintun basa sunda kirim basa Indonesia tapi dalam basa sunda juga dipakai, kirim basa kasar kintun basa lemes.

      Waaa, jangankan bahasa lemes, yang kasar aja aku masih bingung, Kang 😦
      Tapi sekarang kedua malaikatku dah lumayan bisa 😀

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s