Jalan-jalan yuuuk.... · Nyam...nyam...sedaaap...

Sate Tegal “Sari Buah”

Beberapa waktu lalu aku ke Semarang dan tentu saja mampir makan sate di Tegal. Kami punya langganan di Tegal, tepatnya di dekat alun-alun sebelum ke stasiun. Namanya “Sari Buah” kalo gak salah. Lho? Kok sari buah? Iya, di warung ini selain menyediakan sate kambiang juga menyediakan es buah yang sedap. Tapi bila dibandingkan doeloe es sari buahnya sudah menurun. Kalo dulu es serutnya menjulang bak gunung Slamet lalu disiram sirup merah, maka skarang hanya serupa bukit gundul yang nyaris longsor (halah!). Tapi tetep enak dengan potongan roti tawar dan aksesoris lainnya, hmmm…..

Kembali ke satenya. Wuih, enak tenan! Disajikan dengan hot plate yang kebul-kebul dan berbunyi “ceeessssss”, owh….. Yang membuat sedap karena daging kambiangnya muda dan tidak dibumbui apa-apa. Langsung bakar, so gak ada efek gosong kayak sate jenis lain yang dibumbui dulu. Dah gitu tak beraroma kambing babar blaz! Empuk banget, begitu masuk mulut langsung ambyar! Bumbu sambelnya? Oh, cuma cabe rawit digebuk eh ditumbuk kasar, bawang merah, trus tomat lalu diguyur kecap. Duh, wangi dan menggoda iman! Membuat selalu ingin kembali dan kembali. Uuuhh….

Minumnya? Ya itu tadi, es Sari Buah. Tapi ada juga yang lain, es teler, es jeyuk, dll. Makanannya pun macem-macem. Gak doyan kambing? Ada sate ayam. Gak doyan sate? Ada soto pake tauco, ini juga uenak tenan. Ada juga sup, nasi goreng, trus apa tuh lontong yang khas Tegal lupa namanya, dll. Tapi yang khas ya sate kambingnya. Ohh, kapan ya bisa ke sana lagi? Yang pasti maren dah tak puas-puasin. Brangkat mampir pulang juga mampir 😀 Kasian kekasihku, gak doyan, abis doyannya nasi padang doang siiihh…. 😀 Oya, ada lagi makanan khas Tegal yang aku juga tergila-gila, “Tahu Pletok”. Sayang aku gak punya skrin syutnya.

Kok menggilai makanan Tegal sih? Lha iya, lha masa kecile enyong kan nang Tegal, dadi ya doyan banget kiye 😀 😀 😀

sate-tegal2
Empuk tenan, masuk mulut langsung ambyar
sari-buah
Ada potongan rotinya, enak deehh....

Satu tanggapan untuk “Sate Tegal “Sari Buah”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s