Dongeng insomnia · Karya Si Cantik

Anak Malang Berbaik Hati yang Mendapat Pahala

Di suatu desa hiduplah perempuan tidak mampu. Ia melahirkan 1 anak yang bernama Doni. Saat Doni berumur 8 Ibu melahirkan 1 anak lagi yang bernama Laura. Saat Doni berumur 12 ia bekerja sebagai pemulung. Gajinya hanya Rp. 50.000 (lima puluh ribu). Saat Laura berumur 9 ia sudah menjadi pengamen. Setiap hari ia hanya mendapat Rp. 20.000 (dua puluh ribu).

Saat itu Doni membeli makanan untuk ibunya dan adiknya. Uang Laura untuk ditabung untuk beli rumah nanti jika cukup. Saat Doni menuju perjalanan pulang Doni melihat nenek-nenek tua mengemis. Ia kasihan lalu ia memberi. Nanti ia separuhan dengan adeknnya.

10 tahun kemudian ia menjadi orang kaya tetapi ia tidak sombong. Ia suka berbagi makanan sekaligus uang. Setiap memberi makan juga uang. Ia mencari yang tidak mampu lagi.

TAMAT

THE END

Hahahaha…. kau tentu tersenyum jika membacanya, Kawan. Ini adalah buah karya Si Cantik. Tak kusangka ia bisa membuat cerita walaupun sangat sederhana. Tulisan tersebut sesuai aslinya tak kukurangi atau kutambah. Hanya kuedit tanda bacanya saja πŸ˜€

Berawal ketika Cantik minta dibelikan buku kecil (semacam agenda) dengan cover yang lucu-lucu. Aku tidak mengijinkan karena sudah banyak buku semacam itu yang dia punya. Tapi karena gambarnya Hello Kitty kesukaannya ia terus merengek. Akhirnya kubelikan dengan syarat harus bisa mengarang atau menulis apa saja di buku itu (selama ini agendanya hanya berisi gambar-gambar saja). Entah bercerita atau pengalaman di sekolah. Pokoknya harus menulis. Deal!

Dan tarraa… tulisan adalah salah satu buah karangannya πŸ˜€ Masih ada beberapa lagi karyanya yang lucu-lucu. Tak kusangka Cantik tak melupakan kesepakatan yang kami buat. Padahal aku wis lali blaz πŸ˜€

Kapan-kapan akan kutayangkan juga tulisannya yang lain πŸ˜€

I love you, Cantiikk….

29 tanggapan untuk “Anak Malang Berbaik Hati yang Mendapat Pahala

  1. hHAHAHA
    ga jauh beda sama mamanya yah ^^
    ditunggu bukunya Cantik, tante Debb dapet gratisan pertama yak? ??????
    ihiiih

    Choco:

    Iya nih, Deb… kalo mamanya bikin cerita kepanjangan, kalo Cantik bikin judulnya yang kepanjangan πŸ˜†

    So pasti, Tanteee…. moga-moga terwujud kelak πŸ˜€

  2. Hiks, jadi terharu… bukan karena cerpennya, tapi karena komitmen & konsistensi si Cantik. Semoga kelak berhasil menjadi apa pun yg kau cita-citakan, Nak.

    GBU

    Choco:

    Iya, makasiy doanya ya Omku sayaaannggg….. GBUT πŸ˜€

  3. cantiiiiiiiikkkk… ya ampuuun kamu pinteer.
    dan ide yang bagus banget bu membuat dia mau menulis.
    salam peluk buat cantik yah bu, kalau tulisan cantik udah banyak dan gak cukup di buku hello kitty itu, bilang tante ya..
    nanti tante kasiihh
    *gaya banget yah aku bu?
    πŸ˜€

    Choco:

    Hahahaha…. itu cara menyiasati agar gak mubazir barang yang kita beli πŸ˜€

    Kata Cantik:
    Peluk juga buat Tante Rianiiii…. bentar lagi Hello Kitty ku penuh lho, Tanteeee…. πŸ˜€

  4. Itu namanya celotehan bocah (versi sayah). Saya sering menyemangati para ibu agar mencatat sesuatu dari anak2 mereka, salah satunya celotehan bocah. Ada banyak macamnya dan semuanya pasti mengesankan. Yuk ah ….

    Choco:

    Betul, masa yang cepat berlalu dan kelak tinggal kenangan πŸ˜€ So, kita harus dampingi masa kanak-kanak mereka πŸ˜€

  5. hihihi…lucu ceritanya ya mbak….

    anak-anak suka sakdeg saknyet menghentikan ending dengan lucu…

    hebat kemauan menulisnya, tentu saja mewarisi bakat mama πŸ™‚
    *menunggu cerita selanjutnya mbak*

    Btw, ini dia penyakit kita…suka lupa ama kesepakatan….padahal anaknya inget terus…

    tetap semangat menulis ya cantik….

    Choco:

    Wis ngono critane lucu lagi, pake ada gajinya segala πŸ˜†

    Makasiy yaa…

  6. semoga nulis yang baek2, menjadi insepirasi buat orang laen, bukan hanya tulisan pamer dan narsis, semoga juga endak kayak saya yang kalok nulis acakadul bahasanya kesana kemari πŸ˜€

    Choco:

    Itu kan emang ciri khasnya Tante nDaru, bahasa yang pating clepret πŸ˜† tapi malah jadi seru…

  7. Waaaaaaaahhh… cantik kereeeeeeeennn… pinter banget nulis cerita,, bikinin tante dong nak, yang bagus ya,, tokoh utamanya tante iyha yang cantik.. hehehe… *Narsis*

    bakat terpendam yang perlu terus dipupuk tuh sist.. πŸ™‚

    ponakanku waktu playgroup ngarang lagu.. gini syairnya…

    pintu..pintu rumah…
    pintunya dibuka..
    pintunya ditutup…
    aku suka pintu rumah…
    (diulang2 3x)

    wakakak… gak jelas maksudnya, tapi setiap nyanyi itu, nadanya selalu sama, berarti dia udah tau gimana nyiptain lagu, hhahahah,,,,

    Choco:

    Wakakaka…. anak-anak emang lucu ya? Dulu aku juga pernah ngarang lagu, gini:

    Ikan-ikan…ikan-ikan di dalam kolam
    Ikan-ikan…ikan-ikan mari bermain
    Jangan lupa belajar
    Agar kau cepat pintar

    Dan itu kuciptakan ketika aku kelas….mmm….2 SMA (What???????) πŸ˜†

    Kata Cantik, nanti mau dibuatkan cerita tentang Tante Iyha yang genit tapi genit πŸ˜€

  8. Orang tua tinggal mendukung saja Mbak…
    Ketika anak sudah terlihat bakat dan hal yang membuat dia nyaman, tak ada kata lain selain Lanjutkan!
    Salam!

    Choco:

    Betul Pak Mars, saya selalu mensupport sepanjang itu kegiatan positif πŸ˜€
    Merdeka!

  9. Pintarnya sicantik, ceritanya mengandung hikmah pula.
    Senang membacanya, semoga besar sicantik semakin pandai.
    Salam.. .

    Choco:

    Iya, Mas, Si Cantik emang sering jatuh kasihan kalo lihat anak-anak jalanan πŸ˜€
    Makasiy yaa…

  10. Wakakaka

    Wakakaka…. anak-anak emang lucu ya? Dulu aku juga pernah ngarang lagu, gini:

    Ikan-ikan…ikan-ikan di dalam kolam
    Ikan-ikan…ikan-ikan mari bermain
    Jangan lupa belajar
    Agar kau cepat pintar

    Aku masih inget lagunya. Sayang lupa kuncinya. (kebalikan sama lagune kuburan) Wakakaka…

    Choco:

    Hihihhihihii…… kau masih inget ya? Kuncinya cuman A, D, E. Hawong bisanya cuman itu πŸ˜†

    (itu kita SMP ya?)

  11. udah cantik pinter menulis cerita lagi
    sungguh bangga dirimu pasti choco πŸ˜€

    Choco:

    Hahahaha….. iya niy πŸ˜€
    Nanti kalo Enrico dah pinter nulis kayak mamanya, tayangin jugak yaa πŸ˜€

  12. wah keren banget si Cantik. Sudah bisa membuat rangkaian kata sepertiitu meskipun alur ceritanya sederhana.
    Kalau dibandingkan dengan saya waktu kecil pasti saya kalah jauh. Saya pualing susah mengarang, contohnya penggunaan saya lalu dan lalu saya seperti ini :
    Pagi hari saya bangun
    saya lalu mandi
    lalu saya memakai seragam
    saya lalu sarapan
    lalu saya memakai sepatu
    saya lalu berangkat
    lalu saya baris di depan kelas
    dst…dst …dst
    sampai tidur malam

    Choco:

    Wahahahahaha….. saya lalu menjawab komen Pak Ndor
    Lalu saya tertawa terus….

    Sing penting PR nya dikumpulin ya, Pak Ndor πŸ˜†

  13. Mba Choco, Si Cantik pintar mengarang ya sama seperti ibunya πŸ™‚ Mulai dikenalkan aja sama blog Mba.

    Choco:

    Ah, Tasya, kau membuatku tersipu nih 😳
    Pengen sih buatin dia blog, tapi Cantik lebih senang main FB πŸ˜€

  14. Wah, si cantik calon penulis besar nih tampaknya. Amieeennn…

    Choco:

    Waahh, semoga bisa jadi novelis kayak Tante Dian nih πŸ˜€
    Amiieeenn….

  15. kalau sekecil ini sudah pandai menulis, gimana ntar gede-nya πŸ˜€

    semoga deh bisa jadi penulis cilik, ‘kan buku bacaan berkualitas buat anak Indonesia masih kurang banyak stoknya πŸ™‚

    Choco:

    Iya, semoga berlanjut sampai besar. Makasiy yaa dukungannya πŸ˜€

  16. Si Cantik yang pintar, calon Blogger penerus mamanya…..he3x….

    Choco:

    Hahahaha…..gawat nanti kalo dah hobby ngeblog, bisa lupa belajar πŸ˜€

  17. Waaaah tanda2 calon penulis nih! πŸ˜€ πŸ˜€
    Sip, nanti tinggal diarahkan aja Mbak, supaya menulisnya makin bener. πŸ™‚

    Choco:

    Hahahaha…. semoga semangatnya tak luntur yaa πŸ˜€

  18. Inget tuh..lagu ‘ Ikan2’ sambil genjreng2 gitar pating blazurrr…
    Trus ngakak rame2….wkwkwkwk…

    Choco:

    Lah, isih kelingan jugak to? HIhihihihi…… 😳

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s