Warnai Bumiku

Bumi kita ini sudah semakin sakit, Kawan. Awan-awan dan kerak bumi tak lagi bersahabat. Panas dan hujan jatuh tak menentu. Tak lagi mengikuti almanak yang telah ditetapkan selama ribuan masa. Mengapa? Mungkin karena manusia semakin pandai, teknologi semakin melesat, atau justru bumi semakin renta? Entahlah.

Yang kutahu hanya bencana yang menggila. Air bah menggulung pemukiman, gemunung sekarat memuntahkan isi perutnya, kemarau panjang atau hujan tak berjeda, gedung tinggi bermunculan di mana-mana. Lahan hijau semakin sempit. Kekayaan dari perut bumi semakin terkuras meninggalkan luka-luka tak terobati. Dan hutanku semakin habis 😦

Tak adalah yang bisa kita lakukan? Tentu ada, Kawan! Bumi kita hanya kurang sehat. Setelah penyejuk dan hijau dedaunan semakin tak terlihat, ada sedikit langkah yang dapat kita lakukan. Warnai sekitarmu! Hijaukan lingkunganmu! Jika setiap orang mau melakukan, maka bumi kita kan pulih. Biarlah dia semakin tua namun tidak lemah dan menderita.

Mulailah dari diri kita, Kawan. Dari rumah kita. Semoga lestarilah bumiku dengan segala hijau dan warnanya.

Percayalah, sekecil apapun langkah kita, itu akan memperpanjang umur bumi. Dan tentu saja memperpanjang kelangsungan hidup anak cucu kita.

Selamat hari lingkungan hidup

Tulisan ini untuk menjawab tantangan Mas Alam πŸ˜‰

Iklan

22 thoughts on “Warnai Bumiku

  1. alamendah Juni 5, 2011 / 5:52 am

    Terima kasih telah menjawab “Tantangan untuk Para Blogger”.

    Memulai dari setiap diri kita. satu orang, meski kecil, namun akan tetap memberikan arti yang bear bagi bumi.

    Selamat Hari Lingkungan Hidup 2011; Selamatkan Hutan Sang Penyangga Kehidupan.
    Yang belum menjawab tantangan dari Alamendah langsung ceck TKP di: h**p://alamendah.wordpress.com/2011/06/03/tantangan-untuk-para-blogger-indonesia/

    Choco:

    Semoga yang kita lakukan berarti ya, Mas πŸ™‚

  2. gurusatap Juni 5, 2011 / 7:55 am

    Selamat! Andalah yang layak dapat juara.

    salam,

    Choco:

    Waduh, ini buksn kompetisi kok, Pak πŸ™‚
    Tapi terimakasih atas apresiasinya yaa πŸ˜‰

  3. Mabruri Sirampog Juni 5, 2011 / 8:00 am

    Meskipun bumi akan hancur, tapi kita harus tetep menjaganya dengan sebaik mungkin…

    selamat hari lingkungan hidup sedunia, semoga dengan menjalankan tips-tips tersebut, lingkungan kita kembali menjadi lebih berwarna dan bumi kita menjadi lebih cantik

    Choco:

    Kalo gak kita jaga, kasihan anak cucu kita nanti ya,Mas πŸ™‚
    Selamat hari lingkungan hidup πŸ™‚

  4. Lidya Juni 5, 2011 / 9:53 am

    dimulai dari diri sendiri bagus tuh

    Choco:

    Iya Jeng, kalo tunggu2an malah gak mulai2 nanti πŸ™‚

  5. Agung Rangga Juni 5, 2011 / 9:54 am

    ayo, ayo, kita buat bumi kita warna-warni… πŸ˜†

    Choco:

    Ayuk, kita mulai menanam bunga πŸ™‚

  6. hilsya Juni 5, 2011 / 10:15 am

    di rumah udah ga ada tempat lagi 😦 padahal masih semnagat beli pohonnya

    Choco:
    Gimana klo menanam dalam pot aja, jadi gak perlu lahan luas πŸ˜‰

  7. tunsa Juni 5, 2011 / 7:11 pm

    warnai dari rumah dulu ya bu… ^^
    bagus…go green

    Choco:

    Setidaknya kalo rumah kita asri pasti orang lain akan mengikutinya πŸ˜‰
    Let’s go green πŸ™‚

  8. bundadontworry Juni 5, 2011 / 8:54 pm

    setuju dgnmu, Mbak Choco
    bunda juga ikutan menanam pohon bunga di pot, maklum tidak punya halaman yang luas utk bisa ditanami pohon yang besar .
    yuk, kita mulai dr diri sendiri dan lingkungan utk mewarnai bumi kita ini πŸ™‚
    salam

    Choco:
    Wah, rumah Bunda pasti sejuk ya. Dan koleksi bunganya pasti indah semua πŸ™‚
    Betul Bu, hrs dimulai dr diri sendiri yaa

  9. ais ariani Juni 5, 2011 / 9:06 pm

    selamat hari lingkungan hidup Bu Piet
    πŸ™‚
    biar bumi semakin tua, kita harus semakin mewarnainnya yah bu.

    Choco:
    Supaya selalu berseri yaa πŸ™‚

  10. sedjatee Juni 6, 2011 / 7:31 am

    foto-fotonya keren De…
    selamat hari lingkungan hidup
    semoga bisa menjadi pengingat untuk lebih mencintai bumi

    sedj

    Choco:

    Padahal iku potnya mbakyuku, Om Is 😳
    Mari kita sembuhkan bumi πŸ™‚

  11. Citra W. Hapsari Juni 6, 2011 / 8:16 am

    he’em,..selain mempercantik rumah,..jg sbg pasokan udara bersiihhh

    Choco:

    Betul, kita hanya tinggal menyiraminya setiap hari πŸ™‚

  12. Aubergine Juni 6, 2011 / 2:40 pm

    mau ikut posting beginian. api aku ga punya satu tanaman pun didalam rumah :(( … pengen juga aaah nge pot tanaman didalam rumah.

    Choco:

    Ayuuk, kita mulai dari sekarang. Belum terlambat kok πŸ˜‰

  13. coekma Juni 6, 2011 / 6:37 pm

    kalau aku malah lebih suka memperhatikan bahasa tulisannya yang puitis… aduhai…

    Choco:

    Betulkah? Ihik…ihik… (tersipu malu)
    Makasiy dah berkunjung, Mas πŸ˜€

  14. ais ariani Juni 7, 2011 / 12:12 pm

    *colek Bu Piet*
    Bu Pieeeet… Bu Piet menang loh di acaraku. hahahahha.
    kirim via email yah bu alamatnya
    πŸ˜‰

    Choco:

    Apa? Apa? Aku menang? Owhhhh…..ahhhhh…..ihhhhh….. Rianiiiii…. I love you full :-*

    (lari-lari sambil nyincing daster ke rumah Riani)

  15. dmilano Juni 7, 2011 / 12:28 pm

    Saleum,
    sekecil apapun usaha kita untuk bumi ini pasti akan berguna, syukurlah disekitar saya sudah hijau πŸ™‚
    saleum dmilano

    Choco:

    Pasti, Bang! Wah, senangnya masih banyak lingkungan hijau, pasti sejuk banget yaa πŸ™‚

    Salam

  16. kangto Juni 7, 2011 / 1:39 pm

    Kesadaran tumbuh mulai dari diri sendiri baru menyebar ke orang lain

    Choco:

    Betul Kang, Insya Allah akan menular ke orang di sekitar kita πŸ˜€

  17. muslimarket Juni 7, 2011 / 3:30 pm

    tulisan ingi mengingatkanku pada 3M nya Aa Gym

    Mulai dari diri sendiri
    Mulai dari yang kecil
    Mulai saat ini juga…

    Semangat..!!!

    Choco:

    Owh, saya malah baru tau 😳
    Ayo kita perbaiki bumi kita ini. Semangattt!!

  18. Orin Juni 7, 2011 / 5:01 pm

    Pot birunya lucu mba Choco…

    Choco:

    Psst, jangan bilang-bilang ya, itu kan potnya kakakku 😳

  19. obinhut Juni 8, 2011 / 6:33 am

    itu artinya tidak lama lagi bumi akan hancur ! Currr !

    Choco:

    Jangan pesimis, Mas. Mari kita perbaiki bumi dengan usaha sekecil apapun dari kita πŸ™‚

  20. nuun Agustus 8, 2012 / 7:31 am

    go green!!

    Siippp…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s