Tumpeng Ngetril 61 – Minimalis, Praktis, Namun Eksotis dan Sedikit Berkumis

Gak penting menang ato kalah yang penting ikutan ngramein ultahnya Pakdee, horeeeee…..
Berhubunga kata Pakde tumpengnya ukuran orang dewasa seklai makan, maka kubuat benar-benar mini hehehehe…. (itu alasan diplomatisnya, aslinya mah karena kepepet πŸ˜› )

Berikut bahan dan cara membuatnya.

TUMPENG

Masak nasi dalam rice cooker, tapi air diganti dengan santan, masukkan juga daun salam, lengkuas dan sehelai daun pandan. Bentuk kerucut dengan kertas nasi.

AKSESORIS

Cumi Goreng Mentega

BAHAN:
3 ekor cumi ukuran sedang, iris sekitar 1 cm, celupkan pada air mendidih kira-kira 3 menit
1 sdm mentega untuk menumis
1 bawang bombay ukuran sedang, iris tipis
2 siung bawang putih cincang halus
1 sdm kecap inggris
1/2 sdt garam

CARA MBUATNYA:
1. Tumis bawang putih, bawang bombay dengan mentega hingga harum
2. Masukkan cumi, masak hingga matang
3. Masukkan kecap inggris melalui pinggiran wajan, bubuhi garam
4. Masak hingga harum

Ca Kangkung

BAHAN:
1 ikat kangkung, siangi
2 siung bawang putih, cincang
1 sdm tauco
1 sdm minyak untuk menumis
1/2 sdt garam

CARA MBUAT:
1. Tumis bawang putih hingga harum
2. Masukkan tauco yang telah diencerkan dengan dikit air, tumis hingga harum
3. Masukkan kangkung, trus garam jagnan lupa, masaknya tak usah lama-lama agar kangkung crispy

LELE GORENG

BAHAN
1 ekor lele, siangi dan kerat tubuhnya (basane opo to yo?)
1 ruas kunyit
2 siung bawang putih
1/2 sdt ketumbar
1/2 sdt garam

CARA MBUAT
1. Haluskan semua bumbu
2. Balurkan pada tubuh lele, tunggu kira-kira 10 menit deh
3. Goreng hingga kering

SEMANGKA dan CABE

1. Bentuk cabe menjadi angka 61
2. Iris semangka kayak digambar yaa
3. Iris tipis timun

Nah, trus kita hias tumpengnya yuuuuuk….

Nah, Lha kiye….

TUMPENG NGETRIL 61 – MINIMALIS, PRAKTIS, NAMUN EKSOTIS DAN SEDIKIT BERKUMIS ala chef chocoVanilla…

Disebut minimalis karena menggunakan apa yang ada di rumah πŸ˜₯ alias sak anane. Trus praktis karena mbikinnya ndak pake bumbu yang aneh-aneh (ra iso masaka je). Eksotis, nhaaa warna merahnya itu lho, eksotis tenan πŸ˜€ Lha kumisnya? Lelenya kan berkumis πŸ˜† (tapi gak kayak kumisnya Pakdee kok hihihihihihi….)

Liat lagi aaahhh….

Semoga Pakdee panjang umur, sehat selalu dan semakin sering ngadain kontes hahahaha…..

Curcol:

Pakdeee, ini semua menu berbuka ku, sengaja kubuat dalam tempo yang sesingkat-singkatnya biar ndak telat. Jariku ampek keiris lho hiks…hiks…hiks…

Iklan

17 thoughts on “Tumpeng Ngetril 61 – Minimalis, Praktis, Namun Eksotis dan Sedikit Berkumis

  1. Pakde Cholik Agustus 21, 2011 / 8:47 pm

    Saya telah memperhatikan tumpeng anda dengan cermat
    Akan langsung saya catat
    Terima kasih atas partisipasi sahabat.
    Dari Surabaya saya kirim salam hangat

    choco:

    Fiuuuhh, lega sudah terdaftar. Maturnuwun, Pakdee πŸ˜€

  2. lidya Agustus 21, 2011 / 9:01 pm

    wah ada kumis pakde ditumpeng hihihi,piss pakde jgn marah ya

    choco:

    Bukan aku yang bilang lho, Pakdee hehehehe……

  3. nh18 Agustus 21, 2011 / 9:31 pm

    Itu semangkanyaaaa …
    Mana tahaaaannn …

    Mantaap Bu Choco

    Semoga sukses di perhelatan ngetrilnya Pak De

    Salam saya

    choco:

    Seger ya, Om, buat ngilangin aroma cumi hehehehe….
    Makasiy, Om..

  4. yuniarinukti Agustus 21, 2011 / 9:37 pm

    Aduh merahnya semangka tuh yang bikin nelan ludah, suegerr!! πŸ˜›

    choco:

    Apalagi siang-siang begini, duuuhhh……

  5. alamendah Agustus 21, 2011 / 9:46 pm

    Semangkanya yang membentuk bintang tujuh langsung menggoda selera. Seger dan bisa ngilangin stres.
    Hehehehe

    choco:

    Waah, Mas Alam jeli sekali, saya malah gak ngitung jumlahnya ada tujuh. Dan tujuh itu kan penjumlahan dari 6+1 yaa, hehehe… ngepas-ngepasin πŸ˜›

  6. niQue Agustus 21, 2011 / 9:55 pm

    wah wah … kepikiran aja bikin kumisnya pakde hihihi keren!!!

    sukses kontesnya ya mba choco πŸ™‚

    choco:

    Terbayang-bayang kumis Pakdee, hihiihi…. :mrgreen:
    Thanks, Jeng

  7. Dhenok Agustus 21, 2011 / 10:36 pm

    lengkap banget mbak, ada cumi + kangkung + lele juga.. beeegghh, saya nggak bakal nolak kalo dikasih, apalagi kalo cumi nya diganti udang, pasti beneran temimpi.. hahahahaha

    sukses kontesnya yaaa πŸ™‚

    choco:

    Wuiiihh, kalo pake udang pasti wuenak banget. Toss dulu ah, ternyata kegemaran kita sama πŸ˜€
    Thanks, Dhe

  8. Elsa Agustus 22, 2011 / 3:58 am

    wuuuaaah keren banget……
    ada angka 61 nya pake cabe merah besar
    kreatif sekali

    judulnya ngetril banget!!!!!!

    choco:

    Hahaha… semangkanya juga ngetril satu tuh πŸ˜›

  9. hilsya Agustus 22, 2011 / 5:08 am

    kadung janji ama pakdhe…

    akhirnya jadi juga.. congrat πŸ™‚

    choco:

    Ah, sungguh kau mengerti isi hatiku, Jeng 😳

  10. Orin Agustus 22, 2011 / 8:28 am

    Hohoho….jadi kumisnya lele toh, kirain kumis Pakdhe beneran hihihi…

    Sukses ngetrilnya ya mba Choco ^-^

    choco:

    Pssstt, Orin jangan keras-keras, dimarahin Budee, lhooo…. πŸ˜›
    Makasiy yaa…

  11. Mabruri Sirampog Agustus 22, 2011 / 9:57 am

    weww,,, semangkanya cuman 7, lah saya masuk urutan yg ke delapan, ga kebagian deh jadinya.. hehehe

    sukses bu ngetrilnya…

    choco:

    Masih ada di kulkas, Mas πŸ˜›
    Makasiy yaa…

  12. nia/mama ina Agustus 22, 2011 / 10:56 am

    wuiihhh tumpengnya kereen ada kumisnya hihihihi……
    kayaknya ini dalam rangka mengambil hati pakdhe supaya menang yach hahaha…..

    semangkanya bikin ngilerrr…merahnya ngenjreng….

    choco:

    Bukan mengambil hati, cuma terbayang-bayang kumisnya Pakdee kalo liat lele…. hush! Ampun Pakdeee…… πŸ˜€

  13. dewifatma Agustus 22, 2011 / 12:50 pm

    Waaahhh… akhirnya loncing juga………….. Seadanya tapi uennaakk keknya… Apalagi ada kumisnya, membuat semua yang berkumis jadi deg-degan…hahaha…

    Btw, kok aku nggak kepikiran masak di rice cooker ya, Mbak? Bego pa telmi ya eiykeehh…

    choco:

    Gak punya dandang, Jeng 😳

  14. Agung Rangga Agustus 22, 2011 / 2:17 pm

    wih, tumpeng dan isinya terlihat sangat menggoda~ 😳
    semangkanya lucu juga ya kalau ditaruh di sisi2nya~ :lol:alau ditaruh di sisi2nya~ πŸ˜†

    choco:

    Sueger yaa… πŸ˜€

  15. Lyliana Thia Agustus 22, 2011 / 3:09 pm

    wah biar minimalis yang penting lengkap dan mantap nih Mbak πŸ˜€
    kreatif bgt cabenya dibuat angka 61 πŸ˜€
    sukses kontesnya Mbak,..

    choco:

    Thanks, Thia, jadi laper nih πŸ˜€

  16. Ikkyu_san Agustus 25, 2011 / 8:32 am

    Untung tumpengnya ngga dimasukkin kulit semangka jadi bulet hihihi.
    kreatif! kumis tidak dilupa, tinggal ditempelin senyum pakdhe aja deh

    EM

    choco:

    Hahahaha…. good idea! Kalo dimasukkan kulit semangka jadinya ngetril banget ya, Bu Em πŸ˜€

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s