Penyakit Menahun

Seperti biasa kalo lagi suntuk aku mendadak pesan rujak Yu Minah. Seperti sore yang kelabu ini.

“Buatkan rujak ulek, Yu,” ujarku langsung duduk dekat cobek yang segede gaban itu.

“Eee, lah kok tumben datang dengan wajah ditekuk enam belas gitu to, Jeng?” tanyanya sambil mulai menyiapkan bahan-bahan sambel.

“Lagi sebel, Yu. Tuh Si Mbak, masa minta libur kok dari tanggal 20. Lha Lebaran kan masih lama, anak-anak masih sekolah pula.”

“Ya ndak usah dikasih to, Jeng. Kasih tau pulangnya nanti kalo anak-anak sudah libur, gitu.”

“Ah, sampeyan ni kayak gak tau aja. Mereka itu mana bisa dikasih tau? Kalo bilang mau pulang ya pulang, sak deg sak nyet! Suruh tunda sehari aja mukanya udah kayak orang sembelit, males ngeliatnya. Aku tuh kalahnya cuma sama pembantu, Yu,” gerutuku. Kalo gak inget puasa dah tak comot belimbing seger itu.

“Yah, mau gimana lagi kalo gitu? Lha mbok sampeyan ambil cuti juga.”

“Aku pasti ngambil cuti tapi kan gak bisa selama itu, mana si Mbak baliknya seminggu setelah Lebaran. Itu kalo balik, klo nggak? Sapa yang jagain anak-anak? Huwaaa….. nyebelin urusan gini, tiap taun kambuh mulu, Yu! Stress aku,” keluhku, ” Cabenya tambahin Yu, lagi pengen makan yang pedes nih!”

“Ya ndak usah setres to, Jeng. Semua kan ada solusinya. Sampeyan kerja kan buat anak-anak, ya kalo anak-anak ndak ada yang jaga ya sampeyan yang harus ngalah.”

“Maksudnya? Aku gak usah kerja gitu? Waa, gak bisaaa….. Masih banyak cita-cita yang belum kuraih, Yuuu.”

“Ya ndak seekstrim itu. Masalahnya kan selalu begini tiap taun, berarti sampeyan harusnya sudah punya solusi sejak bertahun-tahun lalu to, Jeng?”

“Sebetulnya mbak-mbak yang dulu setia, Yu. Yang pertama dulu sampe 5 taun ikut aku. Keluar gara-gara kawin, trus yang kedua 4 taunan, keluar juga gara-gara kawin. Nah sejak itu mulai deh gonta-ganti gak jelas. Ngapain sih ya mereka itu pada kawin?”

“Lho…lho…lha sampeyan kenapa kawin?”

“Kebelet,” sahutku asal.

“Hush! Hahahahaha….. hihihihihi…. ya samaaa, mereka jugaaaa hahahaha…..”

“Maksudku, usia mereka itu kan masih muda, baru 20 an ngapain buru-buru kawin. Aku kan kawin dah cukup umur, Yu.”

“Hihihihihi….. gini aja, Jeng, berarti sampeyan sudah harus memikirkan untuk kerja yang ndak usah ninggalin rumah. Bisnis yang pake internet itu lho, Jeng. Apa namanya? Onlen-onlen gitu, atau apa kek yang kira-kira bisa tetep njagain anak-anak tapi sampeyan tetep bisa mengakutalisasi diri eh apa itu…?”

Hayah! Ngomong kok pating clepret gitu. Aku males nanggepin. Yu Minah emang sok tau. Emang gampang apa bisnis sendiri gitu? Apalagi aku ndak bakat juwalan apa-apa. Modal jugak darimana? Meski ada benarnya sih, kasihan anak-anak harus selalu diasuh orang asing hiks…hiks…

“Lho kok malah ngelamun to, Jeng? Sudah ada solusinya?”

“Emangnya cepet apa nyari solusi?” jawabku judes.

“Hehehehe…. ojo nesu, to..,” goda Yu Minah, “Ini rujaknya, Jeng.”

Kusambut rujak yang sudah dibungkus rapi dan kukeluarkan uang untuk membayar.

“Seandainya nih, Jeng, omong kosong aja, kalo sampeyan mau bisnis kira-kira bisnis apa? Nanti saya tak mbantuin, deh,” tanya Yu Minah sambil kedip-kedipkan mata genitnya. Hayah!

“Jual rujak!”

“Wee lhadalah…. lha kita saingan kalo gituuuu!”

:mgreen:

Iklan

16 thoughts on “Penyakit Menahun

  1. mas stein Agustus 24, 2011 / 3:58 pm

    pertamax!

    choco:

    Tumbeeeennnn….. 😛

  2. mas stein Agustus 24, 2011 / 3:59 pm

    kalo begitu ini yang keduax!

    choco:

    Tumbenn lagiiii….

  3. mas stein Agustus 24, 2011 / 3:59 pm

    dan ini pasti yang ketigax!

    choco:

    Hayah, diborong :mrgreen:

  4. mas stein Agustus 24, 2011 / 4:05 pm

    lha sekarang baru komentar beneran :mrgreen:

    lebaran memang selalu jadi momen yang mendebarkan, apakah si mbak akan kembali setelah lebaran? tahun kemaren si mbak di tempat saya, kebetulan satu kampung sama saya, waktu saya ajak pulang ke kampung begitu sampe rumah ndak mau mbalik, tanpa omongan apapun sebelumnya, bikin panik tho, wong saya suami istri mburuh semua. jiyan!

    kata istri saya harus diiket dengan utang budi biar ndak gampang lari, tapi pengalaman membuktikan kalo itu ndak selalu ampuh. kita hanya bisa bersabar dan pasrah. *halah!*

    ngomong-ngomong, maap baru sempat sowan kesini mbakyu, maklum buruh kecil, sibuk pontang-panting golek upo 😆

    choco:

    Sudah diiket pake utang budi utang wati, nek gak mo mbalik ya nggeblas aja 😦

    Kuwi mesti golek upo sing nempel nang emas batangan :mrgreen:

  5. Orin Agustus 24, 2011 / 5:07 pm

    Aih…Yu MInah bakalan punya kompetitor nanti hahahaha…
    Semoga segera ketemu solusinya ya mba Choco (baca : nemu mbak yg baik hati dan tidak sombong bin ga kebelet nikah) *peluuuuk*

    choco:

    Ouuhh, makasiy Orin San…. (big hug)

  6. nh18 Agustus 24, 2011 / 9:58 pm

    Gimana kalo jual rujak secara On Len …

    haiyaaaa …

    salam saya Bu

    choco:

    Good idea, Om. Tapi ngirimnya gimana ya? Lebih praktis sih kalo “rujak maya”, cukup lewat email 😆

  7. Lidya Agustus 25, 2011 / 4:52 am

    pesan rujaknya 1 dong mbak, kacangnya diulek kasar cabe nya 1 aja 🙂

    choco:

    Buahnya lengkap ndak, Jeng? 😛

  8. Ikkyu_san Agustus 25, 2011 / 8:14 am

    haduuuuh jadi pengen rujak! Waktu mudik kemarin cuma satu kali makan rujaknya …hiks
    setuju sama mas NH…rujak onlen hahaha

    EM

    choco:

    Waa, kapan-kapan kalo ketemu saya buatin, Bu Em. Kata orang-orang rujak buatan saya enak lhooo 😳

  9. Ceritaeka Agustus 25, 2011 / 1:16 pm

    Hmm mbak mau bisnis apaan?
    Kalo jual batik, kasih tau aku yaaa
    aku suka batik…

    choco:

    Kalo suka batik ke sini aja, Sis http://www.apikunik.com
    Ini punya sahabatku 😀

  10. Puteriamirillis Agustus 25, 2011 / 3:18 pm

    wah asyik tuh jualan rujak…nice story mbak,,^^

    choco:

    Hahahaha…. mau pesen gak, Jeng? 😀

  11. Emanuel Setio Dewo Agustus 27, 2011 / 8:28 am

    Kok senenge beli rujak tho?
    (eh malah ngga komen tentang topiknya. hehehe)

    choco:

    Wuenak ee, meski bar kuwi mulez 😛

  12. nia/mama ina September 6, 2011 / 3:00 pm

    wah masalah pembantu itu jadi penyakit menahun yach mbak…tiap tahun bikin deg2an takut ngga pada balik lagi……

    klo soal toko online…aku juga mulainya tanpa modal sama sekali loch mbak….yg ada cuma modal dengkul dan modal nekad heheheh

    choco:

    Aku mesti berguru padamu nih, Mam 😀

  13. Devi Yudhistira September 9, 2011 / 3:20 pm

    yu…puasane pol apa ora yu? mengko tak wehi hadiah nek ora tau medhot….

    gye, yu Minah wis pan pensiun dodol rujak, soale olih inspirasi jual rujak onlen…sedurunge kedisitan rika yu…..qiqiqi

    *setiap tahun emang bikin dag dig dug der…bbrp kawan sdh mulai menyerah mbak….

    tetap semangat! *semangat nyri mbak kl mmg mau pake mbak *semangat usaha apa kalo mau ga pusing mikir mbak…(opo yo yuuuu kiro2?)

    choco:

    Waaa, gak pol lha nek wedok gak iso pol to? 😛 Pokoke pol ora pol wehi hadiah, sing penting kan niate 😀
    Iyo, iki isih ngenteni asisten bali opo ora 😥

  14. Dewifatma September 9, 2011 / 5:29 pm

    Untung emakku mau ku impor dari kampung, tentunya dengan rayuan maut dan cerita menyeramkan tentang baby sitter. Akhirnya emakku malah yang ngotot pengen jagain si kecil. Maka terhindarlah daku dari penyakit menahun seperti dirimu itu, Mba 😀

    choco:

    Curaaaang aaahhh….. membuat daku mengiri 100% hiks….

  15. bundadontworry September 9, 2011 / 5:42 pm

    the same old story.
    begitu juga di rumahku, selalu saja cerita yg sama tiap acara mudik lebaran, balik gak ya si mbak ini ? 😦
    dan, makin anak2 bertambah besar, akhirnya kami gak pakai mbak lagi, dah terbiasa melakukannya semuanya sendiri.
    tapi, kalau seperti Mbak Choco memang ribet juga, krn perlu ada yg jaga anak ketika ditinggal bekerja ya Mbak
    semoga bisa segera dapat mbak yg baik dan care pd anak2 ,aamiin
    ( cuma bisa bantu doa dowang iki mbak) 🙂

    salam

    choco:

    Maturnuwun doanya, Bundaa *peluk*
    Saya juga pengennya gak tergantung pada orang lain kelak setelah anak-anak besar. Kalo sekarang kasihan, masih kecil hiks…. setidaknya harus ada yang menemani di rumah 🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s