Gaji Setengah

Saat anak-anak bobok siang aku kabur ke warung Yu Minah. Panas-panas begini paling enak makan rujak serut yang sudah dibekukan kali yaa πŸ˜€ Sudah barang tentu siang bolong begini dengan panas membara dan debu menggelora warung Yu MInah gak banyak pengunjung. Ketika aku masuk, dua orang ibu keluar. Aplusan ya πŸ˜€

“Rujak serut, Yu, pedes tapi gak banget yaa,” ujarku dan langsung meletakkan bokong di tempat favorit, di depan ulekan Yu Minah. Seneng deh liat gayanya ngulek dengan gemulai dan tubuh suburnya bergoyang-goyang. Coba ada Terrajana pasti makin hot nguleknya.

“Weh, tumben nih Jeng, nampak sumringah, seger kayak ndak ada masalah gitu to?” Kumat deh usilnya, batinku.

“Aku lagi seneng, mbakku balik lagi, Yu. Kirain ndak balik, tiwas aku ngomel-ngomel waktu itu.”

“Ah, sampeyan itu emang senengnya ribut duluan, panik terhadap hal-hal yang belum jelas.”

“Lha gimana ndak panik, wong tanggal 20 sudah mudik, ini baru dateng kemaren sore. Lha hampir sebulan to? Dua puluh dua hari tepatnya. Apa gak mumet itu, Yu?”

“Hehehehehe tapi yang penting kan dah ayem sekarang. Pembantu jaman sekarang emang susah Jeng, tau banget kalo dibutuhkan jadi sak enaknya,” timpal Yu MInah.

“Emang. Dah libur segitu lama tanpa beban, eee kalo gitu aturannya gimana ya, Yu? Gajinya tetep dikasih utuh sebulan ya?” tanyaku tiba-tiba kepikiran.

“Lho, yang dulu-dulu gimana?” Yu Minah malah balik nanya.

“Yang dulu pasti tak kasih utuh, wong belom ada yang mecahin rekor pulang selama ini. Lagian yang dulu-dulu kan sudah ikut aku bertahun-tahun, mbak yang ini kan baru dua bulan. Eeh,liburnya kok nyaris sebulan jugak,” gerutuku. Yu Minah ketawa.

“Kalo di kantor, cuti melebihi jatah itu berarti cuti di luar tanggungan, potong gaji,” lanjutku.

“Lho, itukan di kantor, kerjanya pake jam, gaji sampeyan pasti sudah jauh melebihi UMR. Lha kalo pembantu kan kerja pasti lebih dari 8 jam, ndak ada lembur, apa sampeyan nggaji sesuai UMR po? Masak iya sih, masihΒ  mau dipotong setengah?”

Sial! Lagi-lagi si bakul rujak sok tau ini bener.

“Apalagi sampeyan kan nitip anak, Jeng. Masak iya itung-itungan? Nanti pembantu jadi ogah-ogahan kalo gaji dipotong-potong.”

“Tapi nanti jadi kebiasaan, Yu. Nggampangin,” sahutku kesal karena sesungguhnya apa yang dikatakan Yu Minan itu benar adanya.

“Ya terserah sampeyan, kalo menurut saya sih kasih aja gajinya utuh. Biar dia seneng, betah, sampeyan ndak pusing. Paling cuma berapa to gajinya?”

Belum sempat aku menimpali Yu Minah, seorang nyonya dengan perhiasan nyaris kayak toko mas masuk dan memesan rujak.

“Rujaknya satu ya Yu, cabenya dua aja. Gak usah pake nanas ama timun, mangga kalo asem gak usah juga. Saya tinggal dulu ya, berapa jadinya?”

“Biasa Bu, sepuluh ribu,” jawab Yu Minah sambil membungkus rujakku.

“Lho, kok harganya sama? Kan cabe cuma dua, buahnya banyak yang gak pake?”

Pasti bukan orang sini nih, Nyonya Toko Mas ini.

“Biar cabe cuma dua, buah gak lengkap, harga tetap sama, Bu. Kan bengkoangnya dibanyakin, kedondongnya ditambah. Porsi ndak berkurang kok,” jawab Yu Minah lembut. Si Nyonya Toko Mas mengeluarkan uang dengan senyum masam lalu keluar menuju mobil mewah di luar sana.

“Nanti sopir saya yang ngambil, ya,” serunya.

“Masak iya rujak tetep seporsi kok harga minta dikurangi. Pelit banget Nyonya itu ya, Yu?” ujarku sambil melirik mobil mewahnya yang merah kinclong membuat hatiku tercolong.

“Lha, beda tipis sama sampeyan to? Si Mbak kerja sampe malem, bangun subuh kok ya masih mau dipotong gajinya gara-gara cuti?”

Sial!! 😑

Iklan

16 thoughts on “Gaji Setengah

  1. Orin September 12, 2011 / 2:20 pm

    hahahaha….hebat bgt dah ah Yu Minah ini :p

    choco:

    Hebat kalo nyindir saya itu, huh! πŸ˜›

  2. Lidya September 12, 2011 / 2:47 pm

    obrolan ditukang rujak selalu seru ya

    choco:

    Iya Jeng, sayangnya saya kalah terus sama Yu Minah 😦

  3. marsudiyanto September 12, 2011 / 4:06 pm

    Yu Minah ini cocoknya jadi Ketua Serikat Pekerja… πŸ˜€

    choco:

    Ketua Serikat Pembantu, Pak Mars πŸ˜€

  4. Asop September 12, 2011 / 4:17 pm

    “Bu, saus rujaknya jangan pake sambel!” πŸ˜€

    choco:

    Wedeh, lha apa namanya itu? Buah dingin πŸ˜†
    Harganya tetep sama lho, Sop πŸ˜›

  5. maminx September 12, 2011 / 5:55 pm

    haha itu yu minah nya ngajak ribut ya. bikin emosi ngobrol ma beliau. tapi ada benernya perihal gaji yang UMR dan jam kerja. πŸ˜€

    kasian juga ya mending kasih full aja gajinya, tapi di ingetin kali ya supaya gak kelamaan tuh cuti. hehe

    choco:

    Iya, soalnya kita nitip anak lebih dari 10 jam sehari πŸ˜€
    Makasiy, Mas πŸ™‚

  6. Mood September 13, 2011 / 2:14 am

    Mantap rujaknya, mantap pula obrolan diwarung rujaknya πŸ˜€

    Salam.. .

    choco:

    Hahahaha, begitulah obrolan emak-emak, Bang πŸ˜›

  7. Emanuel Setio Dewo September 13, 2011 / 11:38 am

    Kalau yg dijual adalah “waktu” memanglah sulit diukur. Hehehe…
    Salam

    choco:

    Unlimited time πŸ˜€

  8. Dhenok September 13, 2011 / 11:42 am

    hahahahaha, coba Yu Minah ada di daerah ku ya mbak, seruu banget pasti.. πŸ˜€

    choco:

    Mungkin nanti mo buka cabang, Dhe πŸ˜€

  9. bangauputih September 13, 2011 / 12:18 pm

    cerdas banget Yu yang satu inih, nggak kapok kan mba ngobrol ma Yu Minah? hehehe

    choco:

    Kapok sih enggak, cuma sering mangkel aja jadinya πŸ˜›

  10. nia/mama ina September 13, 2011 / 1:54 pm

    wahh Yu mInah selalu benar ya mbak……hehehe…..

    si Mbak pikir mumpung bisa pulang sekalian aja dipuas-puasin…toch dia baru bisa pulang lg setahun yang akan datang hehehe…….

    seneng dech kalo baca postingan ttg Yu mInah ini…..penuh makna soale

    choco:

    Kenyataannya tiap bulan pulang, Mam, anter gaji ke anaknya 😦

  11. monda September 13, 2011 / 2:49 pm

    jadi pengen tau Yu Minah ini dulu sekolah apaan sih ,,,pinter

    choco:

    Pinter mojokin saja, BuMon 😦

  12. Dewifatma September 13, 2011 / 4:46 pm

    Yu Minah pinter deh… Cocok jadi mentri tenaga kerja nih..hihi…

    choco:

    Jangan ah, nanti makin susah cari asisten rumah tangga, kebanyakan diatur ama dia πŸ˜›

  13. MENONE September 13, 2011 / 9:14 pm

    wkwkwkwkwkkwkwkwk….. pembantu vs rujak nich hahahahahha

    salam persahabatan selalu dr MENONE

    choco:

    Hihihihihi…. rujaknya sedap benar lho πŸ˜€

  14. Nokia N8 September 14, 2011 / 6:51 am

    Jika ditanya ” pedes pak ?”, saya selalu menjawab ” pedesnya normal dan tidak mematikan”. Soalnya saya pernah makan rujak yang pedesnya sampai membakar lidah..ampyuuuuun deh.

    Siapa tuh nama si pelit ?? Entar kalau mati gak bawa uang lho

    Salam hangat dari Surabaya

    choco:

    Itu tuh, Pakdee… Si Nyonya Toko Mas :mrgreen:

  15. Imelda September 14, 2011 / 2:39 pm

    Biasanya orang seperti Nyonya Toko Mas itu yang paling itung-itungan ;))

    EM

    choco:

    Emang, Bu Em, padahal emasnya berkilo-kilo πŸ˜†

  16. mas stein September 19, 2011 / 3:15 pm

    momen lebaran memang momen yang selalu mendebarkan buat para juragan macem sampeyan ini mbakyu, soale libur lebaran kadang memang dimanfaatkan untuk menimbang dan mengukur, siapa tau ini adalah saatnya lompat kerjaan bagi para pembantu πŸ˜†

    choco:

    Menuju jenjang karir yang lebih menjanjikan πŸ˜›

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s