Dongeng insomnia · Iseng Aja · Nimbrung Mikir

Palsu

Ini sudah yang kedua kali dalam waktu satu jam aku sambangi warung Yu Minah. Warungnya penuh terus, jelas males banget ngantri. Untunglah yang kedua kali ini sepi.

“Rujak ulek, Yu. Pake yang asem-asem, lagi pengen yang seger nih,” kataku lalu duduk di tempat favorit.

“Wah, lagi ngidam ya, Jeng? Kok tumben minta yang asem, biasanya paling anti sampeyan,” godanya. Wis tah, manusia satu ini mau tauuuuu ajah!

“Gak, lagi pusing Yu, pengen yang seger-seger aja,” sahutku. Yu Minah mulai ngulek bumbu dengan sigapnya.

“Yu, denger-denger Pak RT ketipu beli motor?” tanyaku membuka percakapan.

“Lho, sampeyan denger jugak to? Kapan nggosipnya? Sampeyan kan pergi pagi pulang malem?”

Sial! Wong aku tau juga dari si Mbak.

“Kalo berita gitu mana mungkin gak kesebar, Yu? Kan pelajaran jugak buat kita supaya berhati-hati gak terulang kejadiannya.”

“Iya jugak. Kasian lho Pak RT itu. Mbeliin buat anaknya motor tapi STNK dan BPKB nya palsu. Ketahuannya juga pas mau perpanjang STNK .”

“Emang sekarang lagi musim lho, Yu, pemalsuan surat-surat kendaraan gitu. Malah katanya sudah ada gerombolan yang ketangkep. Canggih lho mereka itu bikinnya, mirip bianget!”

“Mangkanya mesti hati-hati. Kalo transaksi kendaraan bermotor usahakan jangan hari Sabtu ato Minggu. Ndak isa dicek. Samsat kan kalo Sabtu libur, gak isa nerima nggesek nomer rangka dan mesin itu.”

“Masalahnya bisa liat-liat ato bisa transaksi itu kan biasanya Sabtu, Yu. Kalo hari kerja susah ijinnya.”

“Ya harus rela berkorban, daripada ketipu malah ruginya berlipat-lipat, to?”

Iya jugak siy. Yu Minah sudah mulai membungkus rujakku. Sekilas aku melihat ada kaleng biskuit King Ghian di meja belakang.

“Eh, Yu, denger-denger sekarang banyak juga lho biskuit palsu?”

“Hah? Masak iya? Palsu gimana?”

“Kemaren saya disuguh biskuit King Ghian di rumah Bu Susan,” jawabku dengan bisik-bisik aroma gosip. Yu Minah langsung tertarik dan mendekatkan muka ke arahku.

“Terus? Terus?”

“Ehh, pas tak buka ternyata isinya rengginang, gak ada kuenya sama sekali. Palsu kan?”

“Wee lhadalah, itu kan kaleng bekas biskuit, Jeeeengg!!!”

:mrgreen:

13 tanggapan untuk “Palsu

  1. hahhahaha,,, lebaran wingi akeh penipuan biskuit bu???
    wadahnya keren, tpi isniya ko ya nek ora rempeyek ya rengginang.. hahah

    choco:

    Ono kripik pisang jugak, Mas Brur. Tak pikir coklat jebulane lanting, kuciwaaaa…. 😥

  2. Kemarin juga saya ketipu. Buka biskuit ee…. isinya kerupuk….
    Ternyata banyak yang ketipu ya. Mulai motor, biskuit sampai-sampai suami juga ketipu. Kirain lelaki ternyata …

    choco:

    Ternyataaa…..hiiiyy jadi-jadian :mrgreen:
    Mangkanya teliti sebelum membeli, teliti sebelum ijab 😆

  3. hahahaha, pas mo lebaran kemarin juga banyak dapat sms gitu mbak.. awas banyak biskuit blablabla palsu beredar, karena setelah dibuka ternyata isinya rengginan bukan biskuit.. yu minah yu minah, aya aya wae..

    choco:

    Memang pas lebaran banyak yang palsu. Uang palsu, biskuit palsu :mrgreen:

  4. hahaha…rengginang rasa terasi….berarti pnipuan sdh marak dr jaman dahulu yach hihihi…soalnya dulu saya klo ke kampung pasti isi kaleng biskuitnya rengginang

    choco:

    Ato krupuk ya, Mam 😀

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s