Dongeng insomnia · Iseng Aja · Serial Yu Minah

2012

Hari pertama tahun 2012 aku langsung menyambangi warung Yu Minah. Dan tentu dengan hebohnya ia menyalamiku.

“Eeee, Jeeeng, met tahun baru ya? Kok ndak pergi liburan to? Muah…muah….” Dan kecupannya mendarat di pipi kanan kiri. Basah, wekkss! Begitu dia menoleh langsung kuusap dengan kertas tissue.

“Lha sampeyan sendiri kok gak tutup warung, Yu?” Aku langsung mendarat di bangku favorit.

“Wah boro-boro. Lha wong kemaren sore aja masih buat pesanan 100 bungkus je.”

“Weits, mantap tenan! Buatkan saya enam bungkus, Yu. Tiga serut tiga ulek. Pedesnya sedeng aja.”

“Tumben pesen banyak, mau dibawa kemana, Jeng?” tanyanya sambil mulai mengulek sambal.

“Biasa, mau ngumpul di rumah orang tua, Yu. Lumayan buat iseng-iseng,” sahutku lalu mencomot sepotong bangkuang.

“Oya, Kamis minggu lalu saya liat mobil sampeyan lewat sini, Jeng. Kok tumben pulang siang, gak mampir sini pula?” tanya Yu Minah. Dahiku berkerut berusaha mengingat-ingat.

“Ooo, Kamis kemaren. Iya Yu, aku ngabur, pulang cepet,” jawabku setelah teringat.

“Hihihihihi….sampeyan ini seneng banget ngabur. Nonton pilem lagi ya?”

“Gak, Yu. Itu aku ada meeting di Jakarta. Nah, pas denger radio, ediyan! Arah ke Jababeka Cikarang muacet ndedhet! Emang betul, pas aku tengok tol sebelah, wuidih gak jalan mulai dari tol Pondok Gede Timur!”

“Lho? Memangnya ada apa kok sampai macet gitu?”

“Mbuh, Yu. Katanya sih demo. Ada ribuan orang menuju ke Cikarang, katanya sih demo soal rencana pembangunan gereja terbesar se Asia Tenggara di Cikarang. Ada juga yang bilang demo buruh, ampek ribuan gitu. Tapi aku juga gak tau persis dan males cari tau,” sahutku.

“Ooo, emang sampe sore macetnya?”

“Ya gak tau, pokoknya pas selese meeting aku langsung keluar tol Bekasi Barat. Pulang. Lha kalo nekat ngantor bisa sampai jam empat, trus duduk sebentar pulang lagi. Berjuang lagi, ha mending pulang aja to?”

“Hihiihihihihi….. Ngomong-ngomongΒ  resolusi untuk 2012 ini apa, Jeng?”

Lhadalah, bakul rujak saja bisa ngomongin resolusi? Lha wong aku aja gak mudeng-mudeng amat je :mrgreen:

“Kalo sampeyan, Yu?” Aku balik bertanya.

“Yo ndak ada, Jeng. Masak bakul rujak kayak saya ini pake resolusi-resolusian. Saya cuma pengen tahun ini Si Tole lulus SMU dengan nilai bagus, jadi bisa dapat beasiswa nerusin sekolah,” ujar Yu Minah lirih, “Biar masa depannya cerah ndak kayak saya gini.”

Aku jadi terharu. Yu Minah mengusap setitik air mata yang mengalir di sudut matanya lalu meneruskan meracik rujakku.

“Moga-moga tercapai ya, Yu,” hiburku. Yu Minah mengangguk.

“Lha kalo resolusi sampeyan apa, Jeng untuk tahun ini?” tanyanya mencoba mengalihkan kegalauannya πŸ™‚

“Walah, banyak, Yu. Gak tau deh ini resolusi apa bukan, belum tentu terlaksana, lha wong duitnya gak ada. Pengen renovasi rumah, pengen ganti mobil,pengen liburan yang jauuuuhh gitu, pengen…..”

“Ssst, ndak usah aneh-aneh, Jeng,” potong Yu Minah, “Kalo boleh usul, resolusi sampeyan itu satu saja dan dijamin sampeyan bisa mewujudkan semua keinginan sampeyan.”

“Hah? Apa itu?”

“Jangan ngabur di jam kerja lagi….!”

Sial!!! 😑

20 tanggapan untuk “2012

  1. hahahahaha,,,
    kasiaann deh diskak yu minah.. πŸ˜€ πŸ˜€

    hehe,, apa kabar bu?? semoga selalu sehat
    Aduuh,, lama tak sapa,, sudah berapa kisah yu minah yang terlewat yah?? πŸ˜€ πŸ˜€

    alhamdulillah sekarang saya sudah pulih dari typus, jadi bisa menyapa lagi… πŸ˜€

    choco:

    Alhamdulillah dah sembuh, MasBrur, kok sakitnya nyamain Bu Ani to? Abis makan bareng ya :mrgreen:
    Belum banyak terlewat kok, lha wong saya juga lagi traffic πŸ˜€

  2. hahahaha! Jangan ngabur! Pulang langsung ke rumah! Jangan males-malesan…duuuuh si Yu Minah cerewet bener sih πŸ˜€
    Selamat tahun baru ya choco πŸ˜‰

    choco:

    HIhiihhihihi… Yu Minah emang selalu membuat saya emosi, BuEm πŸ˜€
    Tapi tahun ini saya sudah bertekad untuk semangat mencapai target! (*narik selimut sampai leher, lho???*)

    Met tahun baru, BuEm, sehat dan sukses selalu πŸ˜€

  3. hahaha,,,,
    iyaa, kemarin rujakan bareng sama bu Ani & SBY juga,,,
    tapi rupanya hanya SBY yang kebal.. πŸ˜€

    choco:

    Tuh kan, ndak ngajak-ngajak saya siihhh πŸ˜›

    Psst, Pak SBY bukan cuma kebal typhus, kebal benda tajam juga πŸ˜€
    Pizz, ampuuun, Paakk πŸ˜€

  4. hahahah……yu minah tukang rujak toh, mantap leg makan rujak siang-siang, jadi ngiler…hhmm…………

    Bedeway resolusi na boleh juga tuh kata yu minah na mbk πŸ™‚ #pisss

    choco:

    Rujaknya Yu Minah emang mantap, Say. Tapi pedesnya sama kayak lidahnya Yu Minah πŸ˜›

    Siippp, semangat sampai akhir tahun lagi πŸ˜€

  5. hi..hi… mending ngabur… hawong tiwas lembur jebulnya nggak dibayar πŸ˜€

    choco:

    Lhadalah, saya kedatangan tamu kehormatan ini 😳
    Saya ndak pernah dibayar lembur, Pak, biar pulang subuh sekalipun. Melas temen hiks…hiks… πŸ˜₯
    Met tahun baru, Kyaine πŸ˜€

  6. hahahah…………..iyaa kebanyakan ngulek lombok ituh mbk jadi lidah na ikutan pedes, xixixi :p

    Siap Semantig : Semangat cantik πŸ™‚

    choco:

    Semangat cantik kayak Niar, ahaaaiiii…. πŸ˜€

  7. duh komenku gak masuk ya.met taun baru deh mbak. oh ya kemarin ada yang antri buat e-KTP tapi gak bawa surat undangan gak bisa mbak. kasiansudah antri lama padahal

    choco:

    Masuk spam, Jeng. Kenapa ya, biasanya baek-baek aja tuh?
    Waduh, sapa yaa yang mau ngundang, aku kan pengen punya e-KTP jugak hiks…

  8. wajhhh.. kalau kita selalu melihat apa yang kita mau.. gak akan pernah selesai.. cobalah tuk melihat apa yang kita butuhkan πŸ™‚ pasti akan sedikit lebih bahagia πŸ˜‰

    oh iya.. sekalian menginformasikan kabar baik ini πŸ˜‰ FLP (Forum Lingkar Pena) Jakarta kini tengah membuka pendaftaran anggota baru untuk Angkatan ke-16, mungkin mas/mbak chocovanilla mau join.. silahkan dan terimakasih πŸ™‚

    choco:

    Hehehehehe…cuma fiksi kok πŸ˜€

    Makasih infonya, segera menuju ke sana.

  9. Yu Minah tu benar-benar ada atau nggak ada sih mbak? penasaran dengan wajahnya πŸ˜€

    choco:

    Honey mau liat Yu Minah? Baiklah, aku deskripsikan saja wajahnya yaa πŸ˜€

    Dia itu berusia sekitar 45 an, wajahnya bulat telur dengan kecantikan yang masih tersisa. Hidung mancung Indonesa, pipi tembam kemerahan, mata agak sipit karena terdesak pipinya, bibir biasa aja gak tebel gak tipis. Gigi gingsul di kiri atas. Dahi agak lebar dan selalu keringetan. Rambut ikal sebahu yang selalu disanggul kecil, seragamnya daster batik. Tubuh montok ginak-ginuk.

    Jadi secara keseluruhan Yu Minah itu cantik setu legi (setengah tuwo lemu ginak ginuk) :mrgreen:

    Semoga kau bisa membayangkan dengan baik, Hon πŸ˜€

  10. hehehe.. mantep banget resolusinya Yu Minah.. πŸ™‚

    salam kenal dan selamat tahun baru..

    choco:

    Hahahahaha…. semoga terlaksana πŸ˜‰
    Salam kenal juga, makasiy dah berkunjung yaa, met tahun baru sukses selalu πŸ˜€

  11. bisa tolong anda jelaskan, ciri2 fisik yu minah ini seperti apa?
    ini demi untuk memudahkan proses rekonstruksi

    choco:

    Waaa, kok kata rekontruksi itu tampak menyeramkan ya 😦

  12. lain kali kalau mau pulang cepat, mobilnya parkir aja dulu di lapangan depan.., terus mbak jalannnya musti endap2 biar nggak ketauan … he..he…
    cape deh….

    tapi kenyataannya para tetangga emang suka namya deh…
    “kok pulang cepat bu…: (curcol..)

    choco:

    Hihihihihihi….. Yu Minah selalu punya mata-mata sayangnya πŸ˜›

    Iya, BuMon, giliran pulang malam ditanya juga, “Tumben pulang malam, lembur ya, Jeng?” πŸ˜₯

  13. Tak semua orang merasa perlu bikin resolusi ya…..
    Karena menurutku rezeki memang sudah diatur, dan kita juga tetap harus berusaha…. even tak membuat target berat-berat, tapi dalam hati target pasti ada.
    Sukses selalu buat kita ya di 2012.

    choco:

    Setuju Jeng, resolusi tak perlu diucapkan, usahakan saja tercapai πŸ˜›
    Sukses selalu, Jeng πŸ˜€

  14. Aaah…kangen deh sm sepetannya si Yu Minah, tahun baru rujaknya ga naek harga kan Yu? hihihihi

    choco:

    Katanya naeknya nanti bulan April, klo dah gak boleh beli premium waaaaa πŸ˜₯

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s