Cari Solusi · Cintaku · Iseng Aja

Infeksi

Waktu Cantik berumur enam tahun (setting: sedang belanja bulanan).

Cantik : Bundaaaa….

Aku      : Ya, Sayaaang…

Cantik : Bunda beli apa sih itu?

Aku      : Oh..eh…ini pampers buat Bunda

Cantik : Kok Bunda masih pake pampers?

Aku      : Iya, karena ehh… Bunda “infeksi” jadi harus pakai pampers (tak tau harus menjelaskan bagaimana)

Entah mengerti atau tidak, pembicaraan tak berlanjut.

Sekarang, Cantik berumur delapan tahun (setting: belajar menjelang ujian).

Cantik  : Bundaaaa…..

Aku       : He hemmm….

Cantik   : Menstruasi itu apa sih?

(Aku terlompat sampai ke halaman, dan segera balik lagi)

Aku       : Adek tau kata itu darimana?

Cantik  : Dari guru Adek, ini di buku agama ada. Kalo sedang menstruasi gak boleh sholat.

Aku    : Ooo iya betul. Adek ingat dulu Bunda pernah bilang kalo Bunda infeksi? (Cantik mengangguk) Nah, sebetulnya maksud Bunda bukan infeksi tapi menstruasi itu.

Cantik  : Artinya apa?

Aku       : (mumet maning) Mmm, itu satu hal yang akan dialami setiap perempuan kalo sudah dewasa, sudah akil balik.

Cantik    : Trus kenapa pakai pampers?

Aku        : Karena eh karena… judi itu haraamm… kita akan mengeluarkan darah dari pipis (piye jal njelasine?)

Cantik    : Waaaa, sakit gak, Bundaaaa?

Aku        : Gak laah, gak berasa kok. Itu hal biasa, semua perempuan pasti akan mengalami, tapi nantiii kalo sudah dewasa, masih lamaaaaa. Yuk, belajar lagi.

Dan akupun segera membahas topik lain. Tanpa terasa, peluh mengalir di keningku :mrgreen: