Nonton Bioskop

Karena penasaran akan keberadaan Yu Minah dan tentu saja karena merindukan rujaknya yang puedes dan nylekit, maka Sabtu lalu aku menyambangi warungnya. Dan ternyata, memang sudah buka! 😀 Setelah mengucap salam, aku segera menuju bangku kesayangan.

Yu Minah tergopoh-gopoh keluar dan langsung cipika-cipiki, klebus!

“Aduuuh, Jeng, kangen banget aku ngobrol sama sampeyan!” Serunya heboh.

“Lha, sampeyan ke mana aja to, Yu? Kok lama banget tutup warung? Buatkan rujak dua Yu, satu pedes satu sedang.”

“Iya Jeng, saya itu lagi prihatin. Si Tole kan ujian akhir jadi saya nutup warung. Kasihan, biar saya ndak bisa ngajarin tapi paling ndak ya nungguin kalo lagi belajar. Tak kasih makanan yang bergizi, cemilan, wis pokoke tak urusin banget deh,” oceh Yu Minah sambil dengan cekatan menyiapkan bumbu-bumbu lalu ngulek dengan yahudnya 😀

“Wah, hebat sampeyan. Semoga lulus dengan bagus ujiannya ya, Yu.”

“Amien, Jeng, semoga yaa.”

Pembicaraan sejenak terhenti karena aku sibuk mencicip buah-buah nan menerbitkan air liur itu hihihihihihi…. Tapi tak lama. Mana pernah Yu Minah diam lebih dari satu menit?

“Jeng, sampeyan sudah pernah nonton di Mal belum?” Tanya Yu Minah. Hihihihi…. bukan pernah lagi, setiap ada film bagus ya pasti nontonlah. Belum lagi aku menjawab Yu Minah sudah nyerocos lagi.

“Minggu lalu saya diajak nonton sama Tole. Wah, tadinya saya ndak mau, wong sudah tua dan dasteran begini masa nonton di mal?”

“Lha ya ganti baju to, Yu,” kataku cekikikan.

“Yo pasti to. Maksud saya, saya itu kan ndak pernah nonton, Jeng. Nonton terakhir itu sama Bapaknya Tole kira-kira 20 tahun lalu. Udah lama to?”

“Waduh, lama banget. Emangnya nonton apa, Yu?”

“Tole tuh ngajak nonton film Barat, saya ndak mau wong ndak ngerti bahasanya. Akhirnya nonton film Indonesia, halah roman-roman ndak mutu gitu, abege banget,” ujar Yu Minah.

“Memangnya ndak ada film lain, Yu?”

“Lhadalah, Jeeengg, masak iya sak bioskop kok filmnya horor semua. Haduuuh, ada Nenek Ciduk, Tali Pocong Bundet, trus apa lagi, wis pokoke ndak ada yang minat saya wis!”

“Sampeyan ndak seneng film horor, Yu?”

“Yo jelas ndak sukalah! Coba sampeyan pikir Jeng, kita sudah mbayar mahal-mahal kok sampe dalem cuma ditakut-takuti? Rugi to?”

Wkwkwkwkw…. tak tahan lagi aku tertawa mendengar ocehan Yu Minah. Tapi bener juga ya?

“Bukan itu masalahnya, Jeng. Yang saya ndak habis pikir kok kita ndak boleh bawa makanan dari luar ya?” Tanya Yu Minah. Memang hampir di semua bioskop petugas security memeriksa tas bawaan kita. Jika terlihat membawa makanan pasti diminta untuk menitipkan di penitipan.

“Itu kan melanggar hak asasi ya, Jeng? Maksudnya apa coba? Kalo maksudnya agar tidak membut kotor, ya ndak mungkin. Wong di dalam juga ada yang jualan. Malah sebelah saya itu makan brondong kok ya sampe tumpah-tumpah. Trus maksudnya apa coba?” Celoteh Yu Minah.

“Ya maksudnya agar kita beli di cafe di dalam itu, Yu,” kataku ragu. Benarkah?

“Wah, itu lebih aneh lagi. Wong air putih saja harganya tiga kali lipat di luaran kok? Itu kan pemaksaan namanya. Bolehlah kita dipaksa beli di cafe itu, tapi harganya harus manusiawi dong. Jaman dulu saya nonton di kampung ndak gitu kok. Malah kadang di dalam bioskop ada yang juwalan bakso, brondong, lontong, wedang teh, harganyapun murah-murah!”

Jelas Yu Minah berlebihan. Masa iya ada tukang bakso masuk bioskop? Tapi memang kadang aku berpikir juga, mengapa gak boleh membawa makanan ke dalam ya? Apakah karena kita “harus” membeli makanan di cafe itu? Yang harganya gak masuk akal karena bisa tiga kali lipat dari di luaran. Sebetulnya boleh gak sih begitu? Adakah peratutan yang mengatur soal itu? Itu kan sama saja kita tidak boleh makan di bioskop kalo gak mau beli di cafe itu.

“Memangya sampeyan bawa makanan kemaren, Yu?” Tanyaku mengalihkan pertanyaannya yang tak bisa kujawab.

“Waah, saya mbawa rantang tiga susun, Jeng! Paling bawah nasi, tengah rendang sapi, trus paling atas bakmi. Mantep to?”

“Ediyan! Sampeyan ini mau nonton bioskop apa piknik to, Yuuu?” Tanyaku gemas, “Memangnya Tole gak protes?”

“Ya jelas protes, wong saya disuruh jalan duluan, dia 200 meter di belakang saya. Malu katanya! Anak jaman sekarang kok ya tega sama ibunya!”

Aku tertawa geli lalu memberikan uang untuk membayar rujakku.

“Besok-besok jangan mbawa rantang, Yu,” ujarku sembari menerima rujak.

“Wah, sampeyan pasti punya ide cemerlang ini. Trus gimana ngumpetinnya, Jeng?”

“Bawa tas yang gede, trus makanannya ditutupi baju-baju, handuk, pakaian dalam, Yu!”

“Welhadalaaahh, memangnya mau mudik poooo?”

:mrgreen:

Iklan

10 thoughts on “Nonton Bioskop

  1. LJ Mei 21, 2012 / 6:21 pm

    hedeeehh.. yu minah klo ke ngarai sianok baru boleh bawa rantang kek begitu.. ntar aku yg habisin isinya.,. 😛

    Wkwkwkwk….kalo ke sana rantang limo susun, Mak 😀

  2. alamendah Mei 21, 2012 / 9:07 pm

    Haduh, Yu Minah ki heboh banget. Nonton bioskop saja bawa rantang tiga susun. Btw, unek2 Yu Minah betul juga, ya?. Termasuk pelanggaran hak asasi atau enggak, sih?

    Nah, mari kita cari jawabannya. Boleh gak sih begitu itu? 😀
    (biasa nonton misbar, Mas 😛 )

  3. Lidya Mei 21, 2012 / 11:02 pm

    hahaha, harusnya yuminah bawa roti tawar kaya aku dulu ya mbak

    Kayaknya Yu Minah ndak doyan roti Jeng, biar makan roti 5 tangkep kalo belon makan nasi belon puas dia :mrgreen:

  4. Dewi Fatma Mei 22, 2012 / 12:23 pm

    Untunglah disini gak ada bioskop, jadi aku nggak perlu bawa-bawa rantang buat nonton.. 😀

    Mbak, itu Yu Minah disuruh bawa pakaian dalam ke bioskop emang mau ngapain? hak..hak..hak…

    Weladhalah, ya buat kamuflase to, Jeng, lha memangnya buat apaa? :mrgreen:

  5. irmarahadian Mei 22, 2012 / 1:11 pm

    waduh…yu minah kok ga bawa tikar sekalian aj
    biar maemnya bisa sambil slonjor to…
    hehehehe
    lucu…lucu banget …:)

    Gak cuman tiker, Jeng, bawa payung segala jeh 😆

  6. kabutpikir Mei 23, 2012 / 10:35 am

    Yu Minah emang nggemesin deh… hehehe 😀

    Nggemesin setengah nyebelin :mrgreen:

  7. Orin Mei 23, 2012 / 5:07 pm

    Pssttt…akang matahari suka ngumpetin air mineral di saku jaketnya Yu, kalo rantang ya susah toh ngumpetinnya 😛

    Akang Matahari ngumpetin air mineral, Neng Orin ngumpetin roti di saku jaket pula, uhuuuuiii 😀

  8. prih Mei 25, 2012 / 7:51 am

    Manajemen Yu Minah menikmati setiap kesempatan menjadi piknik kebersamaan eh bertabrakan dengan manajemen bioskop memasarkan film plus cecemilan, Jeng Piet jadi mediator atau komportor nya hehe

    Wuahahahaha…. saya ngak bermaksud jadi komporter lho, Mbakyuu 😛

  9. Ni CampereniQue Mei 26, 2012 / 9:58 am

    soal harga, kayaknya kita kudu nanya ke YLKI, benar gak ya mbak? tapi siapa yg mo nanya coba? nanti rame2 lagi bilang gini: klo gak mampu beli ywd gak usah beli, gitu aja repot. Serba salah 😦

    xxixi apa itu? kok Yu minah diajarin bawa tas gede? xixixi
    etapi tidak semua bioskop galak2 satpamnya. ada juga yang cuek aja. gak pake geledah tas segala. tinggal kitanya aja yang rapi mbawanya. ya seperti itu deh. saya sih ngakalinya taro di paling bawah 😀 terus di atasnya ada dompet besar dan buku.
    terus gayanya super cuek gitu kan. jadi satpam mo manggil juga ogah. jadi klo saya tenteng dengan sengaja sebenarnya ya emang mo nitip xixixi

    titip pesan buat yu Minah ya mba, saya maulah dikirimi rantangan, bosen nih makan masakan beli 😀

    Yang kita tanyakan bukan harganya, JengNi, tapi mengapa tak boeh membawa makanan dari luarnya itu lho 😀
    Qiqiqiqi…ntar tak bilang Yu Minah biar ngirim rantang yo 😀

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s