Market Day

Hari Kamis minggu lalu ada acara Market Day di sekolah kedua malaikatku. Semacam acara bazar gitu. Anak-anak kelas 1 dan 2 jadi pembeli, anak-anak yang lebih besar boleh jadi penjual. Di sini mengajarkan anak-anak untuk belajar berwirausaha dan membelanjakan uang saku😀

Nah, yang mengejutkan Si Cantik ingin berjualan es hunkwe! Aku gak suruh lhoo, bener deh! (naluri bisnisnya ini tentu saja karena darah Padang mengalir di tubuhnya qiqiqiqiqiqi…..). Aku tanya apa Cantik gak malu? Dengan tegas dia jawab “tidak”. Owwhhh, maka aku pun berbelanja pop ice coklat, strawberry, vanilla blue dan vanilla latte. Juga beli loyang dan platik bungkus es di pasar, berdua dengan Cantik menjelajah pasar malam-malam😀 Untuk urusan termos pinjamlah sama Nenek😀

Dan malam itupun aku sibuk membuat aneka adonan hunkwe. Sedangkan Cantik? Cuma bantu dikiiiiiit trus asyik nonton Disney, ya sudahlah namanya juga anak-anak😀 Jam sepuluh malam jadilah 6 loyang yang siap dipotong. Dan di sinilah masalah dimulai😦 Karena keganjenanku yang sok-sok berkreasi, 2 loyang rasa strawberry dan vanilla blue jadi tuebel bangget! Gara-garanya di dasar loyang kuberi tango wafer rasa vanilla dan strawberry, biar cantik dan lezat. Tapi yang terjadi malah gak bisa dipotong sad0144 Free Sad Emoticons Seharusnya tango nya dipotong jadi dua dulu. Ya sudahlah, karena ketebalannya, aku bilang pada Cantik yang strawberry harganya 2,000 yang vanilla blue 1,500😛 Dah gitu lupa lagi gak difoto😀

Yuuuuk, mariiiiii😀

Hari Kamis pagi, dengan diantar Om Hendri naik motor, Si Cantik berangkat ke sekolah…dengan…. membawa termos es! sad0049 Free Sad EmoticonsAku melepas Si Cantik dengan cucuran air mata haru, membayangkan dia berjualan es sad0144 Free Sad Emoticons (jiyan, mbok’e lebay bangget!). Sayangnya lagi-lagi gak ada yang fotoin. Pagi sebelum Cantik berangkat, aku udah bilang kalo sampai acara selesai tidak laku, bagi-bagi teman-teman aja semua. Atau kalo ada yang nawar harga, kasih aja. Rasanya aku kepikiran terus, karena kasihan kalo sampe gak laku pasti dia sedih. Meskipun cuma iseng-iseng.

Kira-kira pukul 10.30, di kantor aku meneleponnya. Oh ya, khusus market day ini anak-anak diperbolehkan membawa ponsel. Dengan was-was kutanya, es nya laku tidak? Dan jawabannya membuatku terguling dari kursi! (lebay maning!)

Aku     : Dek, gimana jualannya, laku gak?

Cantik : Habis, Bunda!

Aku      : Hah? Maksud Adek habis dibagiin ke teman-teman?

Cantik : Bukan, Bundaaaaa. Habis karena dibeliiiii (nada tidak sabar)

Aku      : Waaaah, hebat! Siapa saja yang beli?

Cantik : Banyak, kakak kelas, guru-guru. Tapi yang vanilla blue Adek jual 1000, soalnya males cari kembaliannya. Malahan ada yang mau beli terus padahal esnya udah abis.

Aku tertawa geli.

Aku      : Emang Adek jualannya keliling sekolah gitu?

Cantik : Gak laaaah, kan mejanya ditata di depan kelas, jadi siapa yang mau ya datang ke kelas Adek.

Aku     : Ooooo. Jadi Adek sekarang dapat uang berapa?

Cantik : Gak tau, sebagian udah Adek belanjain!

Gubrak! (kalo napsu belanjanya ini sih karena darahku mengalir di tubuhnya😛 ). Aku juga gak ngitung ada berapa potong es yang dibawanya tadi, karena sebagian ada yang ditinggal karena belum beku😛 Nah, malamnya aku berhitung sama Adek. Dia mendapat 53,000. Banyak kan?

Tapi terlepas dari banyaknya yang didapat, aku sungguh terharu akan kemauan Si Cantik. Tanpa malu-malu dia membawa termos ke sekolah, lalu menata di meja dan berjualan. Padahal kalo aku dulu lom tentu mau😦 Satu lagi yang kusesali, aku sama sekali tidak menyiapkan seandainya ada kembalian. Untunglah matematika Cantik nilainya 90 jadi dia gak kerepotan dalam hal kembalian😀 (yang ini emang gak nurun emak’e sih😳 )

Mari kita berhitung bisnis yang menggiurkan ini, Kawan happy0150 Free Emoticons   Happy (lebay yo ben😛 )

Modal dasar tiap loyang

No Bahan Quantity  Harga satuan  Total

1

Tepung hunkwe

1

                  2.000

       2.000

2

Pop ice rasa apa aja

2

                   1.000

       2.000

3

Gula pasir (sdm)

2

                     500

        1.000

4

Plastik es

1

                      100

           100

5

Listrik, gas, tenaga

1

                   1.500

        1.500

       6.600

Harga jual

No Nama Quantity  Harga Satuan  Total

1

Satu loyang diiris menjadi 15 iris

15

                   1.000

     15.000

Jadi:

Keuntungan bersih:

15.000 -6.600 = 8.400

Jika tiap hari membuat 10 loyang:

10 x 8.400 = 84.000

Maka 25 hari keuntungan menjadi:

84.000 x 25 =2.100.000

Oh ya, loyang ukuran 8 x 22,5 cm (kalo gak salah😛 )

 @ 7.500

Nah, menggiurkan bukan?😛 Tetangga sebelah rumahku sudah kuberi resep ini dan berniat berjualan. Semoga berhasil😀

Dan aku pun mengusulkan pada Cantik, gimana kalo nitip di kantin sekolah? Cantik langsung berteriak, “Gak mauuuuuu, beraaaaattttt!!!” Dan akupun digebuk Kekasihku😛

14 thoughts on “Market Day

  1. yustha tt Juni 25, 2012 / 12:32 pm

    Hihihihihi….si Cantik pinter… (iya, pasti bukan nurun maknya :D)

    Owh, Jeeeng, nuduh kok pas!

  2. Agung Rangga Juni 25, 2012 / 2:45 pm

    hihi, keren bun si cantik!😆
    ya, namanya juga anak-anak, saya kira uangnya juga bakalan utuh sampai rumah, ternyata dibelanjakan juga ya~:mrgreen:
    mau dong icip-icip es-nya~

    happy monday~😉

    Hahahahaha…. pulang-pulang bawa boneka, notes, komik😀 Esnya enak lho, Gung😛

    • ndutyke Juni 25, 2012 / 2:57 pm

      ya, namanya juga anak-anak, saya kira uangnya juga bakalan utuh sampai rumah, ternyata dibelanjakan juga ya

      >> yah kalo itu mah, jangankan anak-anak, yg udah dewasa kek saya aja jg gt kelakuannya. begitu dagangan online laris, duit masuk di rekening, lgsg dibelanjain di bakul online lainnya deh, wkwkwk….

      Dah gitu yang dibelanjain malah lebih banyak yo, Jeng😛

  3. Applausr Juni 25, 2012 / 3:06 pm

    hehehehe salesmannya tidak mau nih…. mungkin insetifnya kurang ya… heheheheh pinter anaknya…

    Hahahahaha…. pembagian keuntungan belum disetujui😛

  4. LJ Juni 25, 2012 / 3:19 pm

    cantikk, kenapa gak disisain buat bundo sih..?
    jadinya bundo belum nyicip nih..

    di bukik keknya es macam gitu belum ada bude,
    ntar klo dah pensiun bude jualan es di bukik yaa..
    aku bantuin, #bantu ngabisin,

    Bikin, Mak, bisnis yang menguntungkan. Mungkin bisa dibuat es hunkwe balado, ato rasa gulai😀

  5. nh18 Juni 26, 2012 / 6:20 am

    Ini Lima Puluh Tiga Ribu termanis yang pernah ada ya Bu …
    Saya bisa merasakan betapa bangganya …
    Bukan besar jumlah uangnya …
    tapi kemauan si Cantik untuk mencoba sesuatu hal yang baru …

    Salam saya Bu Choco

    Iya Om, klo belum dibelanjakan pasti deh aku pigura uangnya (lebaaaaay lagi deh😛 )😀

  6. prih Juni 26, 2012 / 8:24 pm

    Duh pinternya Cantik kebanggaan bunda, Selamat berlibur tuk Jendral G dan Cantik

    Pengen liburan ke rumah Bude Prih di Saltig, sambil berkebun dan menghirup udara segaaarrr…hmmmm….

  7. Lidya Juni 26, 2012 / 9:11 pm

    sik asyik aku contek resepnya ya mbak, liburan sekolah butuh kegiatan tambahan nih🙂

    Siap, Jeng! seger dan nikmaaattt😀

  8. nadiananda Juni 27, 2012 / 12:31 am

    Nice Informasinya gan,, sangat membantu sekali..🙂

    Yo’i gan…

  9. Tebak Ini Siapa Juni 27, 2012 / 8:11 am

    Weh pinter euyyy… nek aku sing dodolan enteknya karena tak bagi2 wkwkwk

    Dibagi karo diemplok dewe yo, Na😛

  10. Orin Juni 29, 2012 / 10:57 am

    Wuiihh….semoga kelak Cantik jd enterpreneur sukses ya bu Cho, tapi jgn jd shopper sukses jg mihihihihi

    Nampaknya keduanya, Rin hihihihihihi….

  11. Emanuel Setio Dewo Juli 3, 2012 / 8:43 am

    Hehehe, lucuuuu… Coba diteruskan kegiatan jual-menjualnya. Kelak akan jadi cerita kenangan manis buat Si Cantik.

    Dia emang seneng juwalan sekaligus belian😛

  12. Dewi Fatma Permadi Juli 9, 2012 / 4:39 pm

    Aku suka yang ini: (kalo napsu belanjanya ini sih karena darahku mengalir di tubuhnya )
    hag..hag..hag..

    Kalo ngeliat itung-itungannya, menggiurkan sekaleh ya, Mbak.. Cuma ya itu, beraaatt..!! hahaha….

    Wkwkwkwkw….berat dan repot😛

  13. Devi Yudhistira Agustus 2, 2012 / 9:11 am

    weeeiihhh yuu, kayane aku juga harus berjualan es ini deh, kalo liat analisa bisnismu itu🙂
    ora lebay kuwi yu….tapi nek wong kaya aku ya malah gampang macane…🙂

    Dodolan nggo ta’jil, Jeng, mesti larisss lha wong suegeeerrr bangget😛

Tinggalkan Balasan

