Maaf Ya, Mbak Mulan…

Berawal dari mendengar sebuah lagu di radio. Lagunya bagus meski melow. Sayangnya kudapati ada “S” yang bocor di situ. Menurutku seorang penyanyi haruslah mempunyai artikulasi yang jelas selain suara merdu. Agar apa yang didengar tidak salah dan tidak menyesatkan πŸ˜€

Ketika mendengar lagu itu aku sempat menuduh Mbak Mulan penyanyinya, soalnya kok di kupingku miriiip gaya dan warna suaranya. Dan “S” nya pun bocor, meski punya Mbak Mulan hanya bocor alus :mrgreen: Apa sih “S” yang bocor itu?

Begini Kawan, ketika kita mengucapkan huruf “S” pasti terdengar mendesis karena udara tipis yang dihasilkan oleh ruang antara lidah dan langit-langit mulut (qiqiqiqiqqi….mengarang bebas, susah mengungkapkannya πŸ˜› ), pokoknya gitu deh! Nah, kalo “S” yang bocor itu udaranya merembes melalui gigi-gigi depan dan terbang bebas keluar. Sehingga terdengar seperti “sh” atau “sy” tergantung tingkat kebocorannya. Ketika mengucapkan juga dengan bibir agak sedikit mengerucut dan membal sekitar 2,45 cm.

Penyebab “S” bocor ini bisa karena menggunakan kawat gigi atau mungkin ada spasi pada gigi depan. BuMon atau eMaknya Ngai mungkin bisa lebih menjelaskannya πŸ˜€ Tapi itu gak masalah. No problem at all, karena memang apa adanya dan tidak dibuat-buat. Yang terasa agak mengganggu adalah ketika kebocoran itu memang disengaja, mungkin ingin menimbulkan efek sexy atau imut gitu.

Seperti lirik lagu yang sempat kudengar itu, “bisha shaja ada yang tershembunyi”, “mashihkah ada, rahashia yang tershimpan jauh di lubuk hatimu….”, ” sheshuatu di dalam hatimu….“. Aku gak apal lagune hihihihihihi… :mrgreen:

Sebetulnya kebocoran gak cuma di “S” tapi bisa juga di huruf “T” sehingga terdengar begini: cinta –> cintca dengan pengucapan “c” yang mengambang. Waktu –> waktcu, begitu –> begitcu πŸ˜†

Atau di huruf “J”, yang diucapkan dengan bibir menipis dan maju sekitar 2,52 cm serta lidah mengapung. Jangan –> jyangan, jauh –> jyauh

Penasaran lagu siapa yang kudengar itu aku googling dengan key wordlagu baru mulan jameela“. Gak nemu. Lha judul gak tau, lagu gak hafal, penyanyi kira-kira. Setelah sempat putus asa, tiba-tiba suatu hari Nenek sedang nonton acara musik di TV. Muncullah lagu itu! Akupun terkesima dan terpesona.

Ternyata yang nyanyi Mbak Inna Kamarie feat Mas Piyu. Judul lagunya “Firashatku”. Oallaaaah, ya jelas aja gak nemu. Lha wong aku gak kenal penyanyinya (aku memang kuper soal penyanyi dan lagu-lagu baru πŸ˜› ).

Tiwas nuduh Mbak Mulan, maaf ya Mbaak…. love0067 Free Emoticons   Love

Iklan

20 thoughts on “Maaf Ya, Mbak Mulan…

  1. Wong cilik Juli 20, 2012 / 6:36 am

    bocornya memang jadi mengganggu ya mbak …

    Iya, bikin pengen nggebuk πŸ˜€

  2. LJ Juli 20, 2012 / 6:39 am

    #langsung nyari di youtube..
    hehhe, bener bude tipe2nya mirip mulan gitu.
    adanya ruangan antara gigi depan memang menyebabkan pengucapan huruf s dan t terganggu.. tapi menurut eMak pd kasus mbak Mulan dan mbak Inna ini tentu saja juga ada sdkt unsur sengaja dipertahankan agar ini mjd cirikhas mereka dalam bernyanyi.. karena kebocoran itu zaman skrg sangat mudah ditangani.

    penyanyi lain jika ingin punya cirikhas bisa saja dgn membuat ompong gigi depan, sehingga pengucapan huruf-hurufnya akan lebih khas lagi.. =))

    Wakakakakaka….. kalo dibikin ompong depan selain khas menyebabkan mudah masuk angin, Mak πŸ˜†

  3. ~Amela~ Juli 20, 2012 / 6:52 am

    mbak ina kamarue ini kalau ga salah eksy persyonil dewi-dewi itu loh mbak..
    ga cuma gaya nyanyinya aja yang bocor.. pernah juga liat di acara tivih.. ngemengnya juga begitcuh

    Oh, Dewi-dewi jaman dulu ya? Klao ngomong juga gitu berarti udah pembawaan πŸ˜€

  4. ratna widiyanti Juli 20, 2012 / 8:39 am

    hehehehe… mudah-mudahan ane pertamax!! Wahh ,, kalah cepet dah.. Hihihi..

    Ente udah makan martabak mesir?

  5. Niar Ningrum Juli 20, 2012 / 8:41 am

    jiaah inna kamarue yang mantan dewi2 yoo bu, emang leg nyanyi begono ada kata2 yang terselip di gigi dan melebar diudara #mengarang bebas juga :p

    Wakakakakaka…. mengarang tentang kebocoran artikulasi πŸ˜†

  6. Una Juli 20, 2012 / 9:00 am

    Aku mau liat yutubnya dulu ah…
    Sering aku denger penyanyi-penyanyi, bahkan yang katanya udah go intl, muni T jadi C… hemmm… Piye cho yo…

    Wis kecemu yucubnya, Na? πŸ˜†

  7. Nh Her Juli 20, 2012 / 10:13 am

    ini cicah wawah punya nih … (qiqiqiqi)

    memang syhesyuatchuh bhangetch …

    (cuih)

    salam saya

    Kalo liat Cinca Wawa serasa ingin nguncir itu bibirnya yang suka majyu 3 cenci πŸ˜†

  8. Akhmad Muhaimin Azzet Juli 20, 2012 / 10:22 am

    hahaha…. s bocor… mungkin maksudnya biar kayak aksen bahasa yang lebih toplah, hehehe…

    Mendingan saya Bang, medok tapi asli cinta bahasa Indonesa πŸ˜€

  9. niquΓ© Juli 20, 2012 / 10:43 am

    kirain cuma ban doang yg bisa bocor
    eh gak taunya hurup2 itu pun bisa bocor juga toh mbak
    sakjane yooo rodho piye emang di telinga mendengar pelafalan hurup yg tidak pada tempatnya hehehe

    Selain ban ada juga ember dan genteng bocor, JengNi πŸ˜€
    Gemes ya, kepengen nggebuk gitu :mrgreen:

  10. Orin Juli 20, 2012 / 10:51 am

    Bu Cho, aku lumayan sering bertemu si mba Inna yang S-nya bocor inih dulu, dan dia emang ga cuman nyanyi kek begitu, ngomong biasa aja berdesis2 gono deh qiqiqiqi…

    harusnya dikasih SP atw apaa gitu ya, kan merusak EYD dan Bahasa Indonesia ya >_<

    Nanti kalo ketemu lagi sampaikan salamku ya, lagunya enak tapi sayang bocor πŸ˜†
    Hihihihihi…. langsung SP3 yak? πŸ˜›

  11. monda Juli 20, 2012 / 1:55 pm

    he..he..betul kata emak …, memang artikulasi itu dipengaruhi susnan gigi geligi kok…
    ya sud …nengok lagunya dulu …
    .judule apa tadi mbak …? he..he..

    Judulnya Firashatkyu, BuMon πŸ˜€

  12. Penghuni 60 Juli 20, 2012 / 2:23 pm

    namanya juga kreatifitas seni sob, terkadang yg melenceng itu malah bikin bagus..

    Sayangnya yang ini bikin eneg, Sob πŸ™‚

    • Abi Sabila Juli 20, 2012 / 10:52 pm

      Bagus sih relatif, setidaknya menarik perhatian karena berbeda dari yang biasanya/semestinya.

      Setuju Bi, kebetulan menurut saya kok gak enak didengar ya πŸ˜€

  13. Emanuel Setio Dewo Juli 20, 2012 / 3:33 pm

    Mungkin pipinya bocor (kabuuuuur)

    Wkwkwkwkwkw… tambal sik, tubeless to? πŸ˜†

  14. marsudiyanto Juli 20, 2012 / 4:02 pm

    Saya juga nggak suka jika ada penyanyi yang lafalnya dibuat2 Mbak, apalagi syairnya jelas2 Bahasa Indonesia.
    Salah satunya adalah Brury. Suaranya bagus, tapi pengucapannya aneh, kayak baca bahasa Inggris.
    Agak pelo2 gimana gitcu

    Jangan-jangan Om Bruri emang pelo ya, Om? πŸ˜€

  15. sakti Juli 20, 2012 / 6:27 pm

    kalau es-nya bocor pasti karena mencair, bisa jadi di dalamnya terlalu hangat atau malah HOT!

    Mungkin sejenis naga ya? πŸ˜›

  16. Lidya Juli 20, 2012 / 10:35 pm

    asli gak gak ngerti hihihi maklum kurang gaul

    Sama Jeng, aku juga ndak gawul πŸ˜€

  17. Imelda Juli 21, 2012 / 12:20 am

    hahahaha….. aku sampe cari di Youtube… baru bisa lihat wajahnya jelas dan memnag pakai kawat gigi…
    Kupikir kalau mau lihat yang lebih “aneh” cari yg judulnya “Satu yang tak bisa lepas” hehehe (banyak S nya gitu hahaha)

    Owh, pantas sajaaa. Tapi seertinya tetap terdengar berlebihan, BuEm πŸ˜€
    Wkwkwkw… segera ke youtube ah, nyari s yang banyak πŸ˜†

  18. Applausr Juli 21, 2012 / 10:44 pm

    hahahaha detail amat pengamatannya bu…. mungkin juga ya itu gara gara gigi kawatnya… atau memang disengaja kali ya…

    Habisnya geregetan dengar suaranya yang mendesis itu :mrgreen:

  19. Dewi Fatma Permadi Juli 25, 2012 / 11:12 am

    “bibir menipis dan maju sekitar 2,52 cm serta lidah mengapung” *hahaha..susyah aku ngebhayanginya, Mbaaaakk.. πŸ˜€ *

    Aku juga geram denger yang nyanyi lebay begitu. Ada tuh lagu Dhani yang ngomong ‘cinta’ jadi ‘cincha’ gitchu… Gak enak didenger… Menzizaikan!

    Eh tapi bayanginnya gak sambil praktek kan, Jeng? Qiqiqiqiqi :mrgreen:
    Aku zuga zizai lho… 😦

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s