Ketindihan

can't sleep

Pernahkah Kawan mengalami kejadian ini? Kondisi ketika masih tertidur tetapi otak bisa berpikir, pandangan seperti bisa melihat meski kabur, namun badan tak bisa digerakkan. Bahkan rasanya kita terlibat secara nyata dalam mimpi. Biasanya mimpi buruk, mimpi dikejar-kejar sesuatu. Panik? Wooh, jelas! Bayangkan saja, kau dalam keadaan genting, ingin melarikan diri dari sesuatu tetapi seluruh tubuhmu lumpuh. Hiiiyyy….

Aku beberapa kali mengalami ketindihan ini jika tak bisa dikatakan sering. Ketindihan terakhir yang ku alami ketika bobok berama Cantik di kamarnya. Cantik di atas dan aku di tempat tidur di bawahnya. Rasanya aku bisa melihat tangan Cantik terjuntai dan ingin banget memegangnya tapi tangan serasa lumpuh. Aku bahkan bisa melihat sekitar tempat tidur meski kabur. Guling, selimut, tapi semua tak bisa kuraih. Panik, seluruh anggota tubuh tidak mau menuruti perintah otak. Biasanya aku mendaraskan doa lalu berusaha memangunkan diriku sendiri.

“Bangun! Bangun! Tuhan, tolong saya bangun!”😀

Dan biasanya tak lama kemudian aku terbangun dan langsung menggerakkan jari-jari untuk ngetes😀 Rasanya mata pun baru terbuka, tapi kok tadi serasa bisa melihat ya?

Ketika paginya aku cerita, Cantik berkata,

“Itu namanya sleep paralyze, Bunda.”

“Hah? Kok Adek tahu? Tahu dari mana?”

“Dari Bobo. Sleep paralyze itu ketika tubuh kita masih tertidur tapi mata kita terbuka. Jadi semua otot-otot kita masih lemah karena tidur bahkan masih mimpi tapi udah bangun.”

“Oalaaahh gitu to, Dek?”😀

Itu bahasanya Cantik. Mari kita lihat apa kata Mbak Wiki.

Sleep paralysis is a phenomenon in which people, either when falling asleep or wakening, temporarily experience an inability to move. More formally, it is a transition state between wakefulness and rest characterized by complete muscle atonia (muscle weakness). It can occur at sleep onset or upon awakening, and it is often associated with terrifying visions (e.g., an intruder in the room), to which one is unable to react due to paralysis. It is believed a result of disrupted REM sleep, which is normally characterized by complete muscle atonia that prevents individuals from acting out their dreams. Sleep paralysis has been linked to disorders such as narcolepsy, migraines, anxiety disorders, and obstructive sleep apnea; however, it can also occur in isolation.

Yang artinya? Yaaa gitu deehhh:mrgreen: Penyebabnya bisa karena kecemasan yang berlebihan, kelelahan. Dulu kupikir karena salah posisi bobok lalu ada aliran darah yang ketindih sehingga berhenti mengalir😆 Psst, bahkan dulu sempat mengaitkan dengan hal-hal mistis seperti ada h*nt*, diganggu h*nt* hiiiiiyyyy😛:mrgreen:

Nah, ada satu lagi mimpi aneh yang mengakibatkan kita pun berbuat aneh. Yaitu ketika mimpi kaki kita kecemplung got atau kesandung sehingga kaki kita benar-benar menyentak. “Jeduk”.😆

“Bunda kenapa?”

“Ugh, mimpi kecemplung got, Nak.”😆

Pernahkah Kawan mengalami mimpi yang terakhir ini?😆

Gambar pinjam dari google😉

14 thoughts on “Ketindihan

  1. monda Agustus 24, 2013 / 9:40 pm

    pernah mimpi ketindihan sekali.., iya berasa pengen banget teriak tapi nggak bisa, dan badan rasanya betul2 kayak ditimpa sesuatu yg berat..
    Bobo ok lho mbak.., dulu sering dapat info2 singkat yg bagus2 .., malah pernah jadi bahan postingan ..,
    salut buat Cantik yg paham betul bacaannya

    Rasanya udh buka mulut tapi gak ada suara yang keluar😦
    Bobo memang bagus buat anak-anak ya, BuMon. Sayangnya udah gak ada Juwita dan Si Sirik lagi😀

  2. rusydi hikmawan Agustus 25, 2013 / 4:16 am

    Saya pernah. Bahasa derah sini “kededepan” kadang ada hal2 yg mengerikan sy lihat. Berasa gak bisa lari padahal mau lari. Kata tukang pijit di sini karena peredaran darah gak lancar pas tidur

    Iya, biasanya mimpi sesuatu yang mencekam ya😀

  3. 'Ne Agustus 25, 2013 / 8:07 am

    pernah mbak pernah banget deh hehe.. itu dua-duanya baik ketindihan ataupun kadang kayak jatuh dari mana ntar kaget gitu sampai kebangun:mrgreen: ternyata banyak yang ngalamin juga ya😀
    *konyolnya lagi banyak yang bilang katanya lagi ditindihin setan😆 yah di negeri kita kan banyak banget mitos🙂 mungkin maksudnya biar berdoa dulu sebelum tidur.

    Paling geli kalo mimpi jatuh ya, ‘Ne kadang kalo ketahuan jadi malu hehehe….😛

  4. niken kusumowardhani Agustus 25, 2013 / 10:57 am

    Saya juga pernah, meskipun sudah lama sekali. Waktu itu sedang terbeban oleh pembuatan skripsi, mungkin memang terlalu banyak berpikir dan cemas.

    Bener Bun, kalo lagi banyak pikiran jadi mimpi yang aneh-aneh hehehe….

  5. I.S. Siregar Agustus 26, 2013 / 6:55 am

    wah, kebetulan. 3 hari yg lalu sya mengalami ketindihan… entah karena capek atau hal lain sya ga tahu.😀

    Biasanya sih karena kecapekan😀

  6. Dewi Agustus 26, 2013 / 11:41 am

    pernah mbak,, tapi ketindihan kursi,,, hihihi, kalo ketindihan yang ini belum pernah si,😆

    Naahh, lagi main petak umpet di kolong yaa😆

  7. Orin Agustus 26, 2013 / 2:02 pm

    sleep paralyzed? pinternya si Cantik *uwel2 pipinya*. Iya ya buCho, biasanya dihubung2kan dg h*ntu, aku pernah jg keknya tapi udah lupa hehehehe

    Hihihihihi….Si Cantik emang seneng baca, Tantee😀 Ho’oh, katanya ketindihan h**tu😦

  8. prih Agustus 26, 2013 / 5:16 pm

    Rasanya sudah teriak kenceng sekali eh ternyata megap-megap saat tindihen nih Diajeng, duh pinternya Cantik. Salam

    Iya Mbakyuu, sungguh menyiksa perasaan😦

  9. puteriamirillis Agustus 27, 2013 / 3:02 pm

    sy belum pernah mimpi ketindihan mbak…tapi kalo cerita teman ya itu seperti mau bangun tapi ga bisa , berat…

    Wah, ternyata banyak juga yang mengalami yaa😀

  10. Annie Tjia Agustus 27, 2013 / 8:58 pm

    Aku udah sering kena sleep paralysis sejak SD. Kalo ga salah pertama kali kelas 6 SD.
    Ga tau ya kenapa dulu gitu, tapi sekarang ga pernah. Terakhir kali kalo ga salah kelas 2 SMK. Tapi mau kapan ngalaminnya, tetep ga enak.😐

    Ho’oh, Ann, mending jangan lagi deh, serem rasanya😦

  11. abi_gilang Agustus 30, 2013 / 10:00 pm

    Kalo orang sunda bilang kena “eureup-eureup” (pasti kalo bukan orang sunda bingung bacanya:mrgreen: ). Akang juga pernah mimpi dikejar mahluk menakutkan tapi ketika lari malah pincang (kayak kakinya panjang sebelah) ternyata begitu bangun kaki akang ketindih badan istri.

    Iya Kang, berasa mbacanya urap😀
    Wakakaka…. nyonyah boboknya petakilan ya, Kang😀

  12. Idah Ceris September 3, 2013 / 1:46 pm

    Kalau ketindih jarang, Bu. Tapi kalau dikejar hantu seriiiiiiiiiiiing. Sampai bangun tidur masih capek, ngos2an. . .:mrgreen:

    Waahh, lumayan Dah, jadi gak perlu joging beneran, lewat mimpi aja yah😆

  13. zedeen September 4, 2013 / 12:03 am

    saya sih pernah ketindihan…ketindihan bune #nyincing daster, kabur

    Lho, nek sampeyan nyincing daster, lha Bune nyincing sarung no, MasZed😆

  14. marsudiyanto September 7, 2013 / 11:31 am

    Kalo di tempat saya namanya “tindihen”

    Betul Om, di tempat saya jugak. Ketindihan itu karena saya bahasaindonesiakan😆

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s