Ujian Praktek Bahasa Sunda

Hari Senin besok, Jendral G akan menghadapi ujian praktek akhir sekolah. Ujian hari pertama tersebut adalah pidato bahasa Sunda. Nah, aku iki wong Jowo Tengah, kekasihku urang Minang sejati. Kepiye coba? sad0049 Free Sad EmoticonsMana Si Jendral G juga gak terlalu pandai bahasa Sunda😦

Tapi aku tak kurang akal. Segera aku buatkan materi pidato dalam bahasa Indonesia, lalu aku minta tolong teman kantor untuk menerjemahkannya dalam bahasa Sunda😆

Coba Kawan simak pidato di bawah ini. Kira-kira terjemahannya nya udah okay belum ya? Secara butuh dua orang Sunda untuk menerjemahkannya😀

Assalammualaikum warrahmatulahi wabarakatu.
Yang terhormat Bapak/Ibu guru
Yang saya sayangi teman-teman kelas VI

Pertama-tama mari kita panjatkan Syukur kepada Allah SWT atas berkat dan karunianya sehingga kita bisa berkumpul di sini.

Seperti kita semua ketahui, bahwa sebentar lagi kita akan menghadapi ujian akhir sekolah. Tak putusnya orang tua dan bapak/ibu guru memberi nasehat agar kita giat belajar dan mengurangi bermain. Pasti ada di antara kita (termasuk saya hehehe…) merasa bosan dengan nasehat tersebut.

Tetapi teman, nasehat para orang tua dan guru itu benar adanya. Seperti kata pepatah yaitu:

Berakit-rakit ke hulu, berenang-renang ke tepian
Bersakit-sakit dahulu, bersenang-senang kemudian

Artinya bahwa kita harus bekerja keras untuk mencapai tujuan dan pada akhirnya kita akan menikmati hasil kerja keras tersebut. Menyenangkan bukan? Nanti, setelah kita lulus ujian, maka kita akan libur panjang sebelum masuk ke SMP. Seruu kan?

Oleh karena itu, mari kita bersama-sama belajar dengan giat, mengurangi waktu bermain, mengulang pelajaran yang sulit. Semakin sulit pelajaran namun semakin sering kita mengulang, maka kesulitan itu akan hilang. Seperti kata Ibu saya, bahwa sesungguhnya tidak ada anak yang bodoh, yang ada hanya anak yang malas dan anak yang tekun. Kita mau jadi yang mana? Jika kita ingin mengejar cita-cita, maka kita harus tekun belajar!

Satu lagi tips menghadapi ujian. Kita harus makan makanan bergizi agar daya tahan tubuh kuat dan tidak mudah sakit. Sehingga pada waktu ujian nanti, badan kita sehat dan pikiran tenang.

Sekian, Teman-teman. Mari kita berjuang bersama menghadapi US!
Terimakasih. Wassalammualaikum.

Nah, ini bahasa Sundanya:

Ass. Wr. Br.
Kahatur Bapak sareng Ibu Guru
Rerencangan abdi kelas genep nu di pikanya ah

Ngawitan urang sasarengan pidoa ka Allah Swt di mana urang dipasihan sehat walafiat janten tiasa kumpul di dieu.

Sapertos kauninga ku urang sadaya, kumargi sakedap deui urang mayunan ujian akhir sekola. Teu bosen-bosen kolot urang sareng bapak ibu guru masihan wjangan supados urang giat diajar jeung ngurangan ulin.
Pasti disakabeh urang (kaasup abdi sorangan hehehe…) ngarasa bosen sareng wejangan eta.

Tapi babaturan, wejangan kolot jeung guru teh bener ayana, sapertos paribasa nyaeta:

Berakit-rakit ke hulu, berenang-renang ke tepian
Bersakit-sakit dahulu, bersenang-senang kemudian

Hartosna urang kedah giat didamel kanggo kacapai tujuan, jeung ahirna urang tiasa ngaraos hasilna giat didamel tea. Bungah kan? Engke, saatosna urang lulus ujian, urang arek libur panjang saencanna asup ka SMP. Resep kan?

Kusabab eta, hayu urang babarengan giat diajar, ngurangan waktu ulin, ngulang pelajaran anu susah. Biki susah pelajaran, tambah sering ngulang pelajaran, mangkana kasusahan eta bakal leungit. Sapertos omongan Ibu abdi, kumargi saleresna moal aya anak anu bodo, anu aya anak anu males jeung anu tekun. Urang rek jadi anu mana? Upami urang arek ngejar cita-cita, mangkana urang kudu rajin diajar.

Hiji deui cara mayunan ujian urang kudu ngadahar kaemaman anu ngandung gizi supados daya tahan badan kuat jeung teu gampang geringan. Supados waktosna ujian engke, badan urang sehat jeung pikiran tenang.

Atosannya, babaturan hayu urang babarengan berjuang mayunan UAS.
Haturnuhun. Wass. Wr. Br.

Hehehe… menurut temanku, bahasa Sunda itu hampir seperti bahasa Inggris, tidak bisa diartikan kata per kata melainkan per kalimat. Waduh, ternyata susah banget ya?

Nah Kawan, kira-kira ada yang perlu diubah tidak ya bahasanya? Menurutku yang tidak mengerti sih rasanya sudah cukup😀 Mohon bantuannya yaa…

Terimakasih.

10 thoughts on “Ujian Praktek Bahasa Sunda

  1. ysalma April 11, 2014 / 5:52 pm

    Alamak, saya juga ga bisa bahasa Sunda Jeng,
    kalo ngedit ke bahasa Minang bisa saya bantu juga🙂

    Waahh, kalo bahasa Minang tinggal lari ke mertua, Jeng:mrgreen:

  2. ceritaikha April 11, 2014 / 6:24 pm

    gak ngerti blas bahasa sunda, kalo bahasa jawa ayoook….

    ahahaha gak bantu samsek

    Suroboyoan ae yooo…😀

  3. monda April 11, 2014 / 10:07 pm

    xi..xi.., sama aja ya ternyata kami juga minta bantuan teman2 kalau ada pr bahasa sunda ,
    untung aja si ade kemarin ujian praktek cuma disuruh ngafalin 5 lagu Sunda, tapi yg dinyanyiin cuma satu

    Nyanyi buybuy bulan kah, BuMon?😀

  4. Agung Rangga April 12, 2014 / 7:36 am

    Duh, saya yang belajar bahasa sunda dari sd pun ga tau itu udah bener atau belum.:mrgreen:

    Hahahha… aku jug abelajar ha na ca ra ka tapi gak apal-apal😛

  5. myra anastasia April 12, 2014 / 8:18 am

    hihihi saya yang org sunda aja suka pusing sama pelajaran bahasa sunda anak2

    Ayoo Jeng, bikin cerita anak pakai bahasa SUnda, buat referensi emak2 macam aku ini😀

  6. Orin April 12, 2014 / 3:34 pm

    walaaahhh..susah ini buChoooo, aku edit pake bahasa Jepang aja piye? qiqiqiqi. Nanti aku coba emailin yaa😀

    Horeeeee….sudah di email oleh Tante Oriin, makasih yaaa, Oriinn…. bahasanya lebih halus yaa…😀

  7. Lidya April 14, 2014 / 1:09 pm

    aih itu udah keren bahasa sundanya mbak

    Hihihihi aku masih tak mengerti, Jeng😛

  8. Yessi Juni 20, 2014 / 10:12 pm

    Telat nemu blog nya mbak, tugasnya udah dong ya hehe.. Sini saya bantu deh.. Saya urang sunda asli ti sukabumi … Salam kenal🙂

    Waahh, makasiy Teh Yessi, nanti kalo ada tugas lagi boleh minta tolong yaa😉😀

  9. cream arabian Juni 24, 2014 / 3:02 pm

    jangan nsalah loh bahasa suda juga ada loh di amerika di universitas nya

    Waahh, hebat yaa…jadi semangat belajar bahasa Sunda. Masa kalah sama orang Amrik😀

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s